Viral Kasus Bullying Siswa SMP Cilacap, Partai Perindo: Perlu Upaya Pencegahan Lebih Sistematis: Okezone News

JAKARTA – Juru Bicara Nasional DPP Partai PerindoIke Julies Tiati memuji tindakan cepat Polres Cilacap dalam menangkap pelaku perundungan setelah mendapat laporan dari keluarga korban.




Diketahui, terdapat kasus perundungan dan kekerasan terhadap anak di salah satu SMA Negeri di Cilacap. Pelaku merupakan kakak laki-laki korban yang kini ditetapkan sebagai tersangka.

“Kalaupun pelakunya masih di bawah umur, tetap harus ada persidangan. Harus ada tindakan dan hukuman yang tegas terhadap pelaku agar ada efek jera,” kata Juru Bicara Perinda yang akrab disapa Ike Suharjo. wartawan, Jumat (29 September 2023).

“Siswa di Indonesia sangat rentan menjadi korban perundungan, sehingga pemerintah perlu mengambil langkah nyata untuk mencegah perundungan terjadi lagi,” lanjutnya.

Ike yang juga anggota DPR RI dari Perindo Daerah Pemilihan Sumsel II ini menjelaskan, kasus perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah telah menimbulkan kekhawatiran seluruh orang tua.

Akibat bullying, banyak anak yang mengalami trauma berat, bahkan hingga menyebabkan anak melakukan bunuh diri karena sudah tidak kuat lagi menjadi korban bullying.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018, terlihat bahwa 41,1% siswa di Indonesia mengaku pernah mengalami perundungan baik secara verbal maupun fisik.

Oleh karena itu, pelaku perundungan harus diberikan sanksi yang berat agar menimbulkan efek jera. Selain itu, perlu peningkatan perhatian dari pemerintah agar kasus perundungan tidak terulang kembali, kata Ike.

Ike menegaskan, pendidikan karakter anak sejak dini dalam lingkungan keluarga dan upaya preventif yang lebih sistematis sangatlah penting.

Ikuti berita Okezone berita Google


Tentunya selain sekolah, peran keluarga sangat penting dalam mengembangkan watak, budi pekerti, akhlak, budi pekerti dan kepribadian anak.

Oleh karena itu, peran keluarga dan sekolah dalam mencegah kasus bullying sangat penting, jelasnya.

Selain itu, pihak Perindo meminta pemerintah lebih memperhatikan masalah perundungan. Sebagai bentuk pencegahan, pemerintah harus membentuk lembaga pengawasan di setiap sekolah.

Pasalnya, kata Ike, hingga saat ini masih banyak guru yang menganggap kasus perundungan merupakan hal yang sepele.

“Badan pengawasan ini juga harus angkat bola karena seringkali ada korban yang tidak berani melaporkan karena mendapat ancaman dan intimidasi dari pelaku. Sekolah juga harus memasang sistem kamera di beberapa tempat agar jika terjadi perundungan namun korbannya Takut lapor, sekolah dia mungkin tahu apa yang terjadi, ”ujarnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *