Unik! Tak hanya telinga, gajah juga mendengar suara dengan kakinya: Okezone Edukasi

JAKARTA – Seekor gajah dia memiliki telinga yang lebar. Telinga gajah bukan hanya indra pendengarannya saja, namun gajah ternyata juga bisa menggunakan kakinya untuk mendengar.

Berdasarkan IFL Science pada Selasa (7/11/2023), ada kepercayaan bahwa gajah bisa mendengar melalui kakinya. Meskipun telinganya yang besar dapat menangkap suara dari jarak yang sangat jauh, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa getaran frekuensi rendah yang disebabkan oleh hewan lain dapat ditangkap di kaki binatang berkulit tebal dan ditransmisikan ke otak mereka melalui konduksi tulang.

BACA JUGA:

Hal ini karena gajah memiliki reseptor yang terletak di seluruh kakinya yang disebut sel darah Pacinian. Reseptor ini terhubung ke otak yang memproses sentuhan.

BACA JUGA:

Sederhananya, ketika gajah “mendengar” melalui kakinya, ia sebenarnya menggunakan sentuhan. Kombinasi metode ini dapat membantu gajah membuat pilihan berdasarkan suara.

Ikuti berita Okezone berita Google


Ulasan penelitian di Kynsa Elephant Park ini menyebutkan penelitian yang melibatkan alarm predator melalui pengeras suara di atas kepala, penggunaan pendengaran melalui kaki gajah. Maka gajah itu segera meninggalkan tempat itu. Ketika suara yang sama dibawa ke bawah tanah, gajah-gajah tersebut tetap berada di tempatnya tetapi bergerak mendekat, menunjukkan bahwa kaki dan telinga mereka sama pentingnya dalam memproses dunia di sekitar mereka.

BACA JUGA:

Gajah terus bergerak dan dapat melakukan perjalanan sejauh 56 kilometer (35 mil) atau lebih dalam sehari untuk mencari makanan dan air. Keempat kakinya tidak hanya membawa gajah kemanapun mereka ingin pergi, tetapi juga membantu menjaga keselamatan gajah selama perjalanan.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *