Terobosan RS di IKN, Jokowi: 2 Juta Warga Indonesia Berobat di Luar Negeri Rp 100 Triliun: Okezone Economy

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Peletakan batu pertama atau peletakan batu pertama Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara di Ibukota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur.

Rumah Sakit kedua yang akan dibangun di IKN ini nantinya akan menjadi rumah sakit hijau untuk mendukung pengembangan IKN sebagai ibu kota negara pertama di dunia yang mengusung konsep kota hutan.

“Mayapada Hospital Nusantara juga akan mengedepankan konsep efisiensi dan penghematan energi. Kita akan selalu mengusung isu green, green, green untuk ibu kota kita, nusantara,” kata Jokowi dalam pidatonya, Rabu (1/11/2023). .

Presiden menjelaskan, ke depan akan beroperasi rumah sakit ramah lingkungan di lokasi ini, dimana 20% dari total luas lahan akan dijadikan penghijauan dan dilengkapi dengan taman obat dengan sistem pengelolaan taman yang akan membantu mempercepat kesembuhan pasien.

Presiden juga meminta Mayapada Hospital Nusantara menjadi contoh rumah sakit ramah lingkungan.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Saya meminta agar Mayapada Hospital kedepannya menjadi contoh rumah sakit yang benar-benar ramah lingkungan, mengoptimalkan penggunaan teknologi, efisiensi penggunaan energi dan air, memaksimalkan sinar matahari dan membangun sistem daur ulang air limbah yang baik serta menyediakan kolam resapan. untuk menyerap air hujan, sehingga bisa dimanfaatkan kembali,” jelasnya.

Kepala Negara meyakini, pengalaman yang dimiliki Mayapada Hospital bersama mitra internasionalnya akan mampu memberikan layanan profesional dalam menyelesaikan kasus-kasus kesehatan yang kompleks baik bagi masyarakat, pemerintah, perusahaan asuransi, perusahaan dalam dan luar negeri.

Presiden juga berpesan agar pasien dari masyarakat yang memanfaatkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatannya tidak boleh dilupakan.

“Saya tugaskan kepada Menteri Kesehatan agar pasien BPJS tidak dilupakan,” kata Presiden.

Usai groundbreaking, Presiden Jokowi berharap pembangunan rumah sakit tersebut bisa segera terealisasi. Oleh karena itu, diharapkan pada paruh kedua tahun 2024, RS Mayapada Hospital Nusantara sudah siap beroperasi dan memberikan pelayanan kepada ibu dan anak, penanganan darurat, penyakit jantung, stroke, dan ortopedi.

“Saya yakin ini akan menjadi rumah sakit yang bagus karena bekerjasama dengan Rumah Sakit Apollo di India,” ujarnya.

Jokowi juga meyakini dengan semakin banyaknya dan berkualitasnya pelayanan kesehatan di IKN, maka masyarakat di dalam dan sekitar IKN tidak memerlukan pengobatan di luar negeri. Menurut Presiden, hampir dua juta orang Indonesia pergi ke luar negeri untuk berobat setiap tahunnya.

“Ini mendatangkan uang keluar, capital outflow-nya hampir Rp 100 triliun lebih. Masyarakat kita setiap tahun membawa uangnya ke luar negeri hanya untuk berobat. Kita berharap dengan didirikannya Mayapada Hospital di nusantara, hal-hal tersebut bisa kita kurangi semaksimal mungkin. , “tegasnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *