Tanggapan KPU atas Permintaan Pendaftaran Capres dan Cawapres Usai Putusan Mahkamah Konstitusi: National Okezone

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR RI teriak Junimart Girsang KPU tentang kerangka hukum pendaftaran calon presiden dan wakil presiden menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi yang memperbolehkan presiden daerah yang berusia di bawah 40 tahun untuk ikut serta dalam pemilihan presiden pada tahun 2024.




Pertanyaan pertama, apakah PKPU nomor 19 tahun 2023 masih berlaku pak? kata Junimart pada Forum RDP II Komisi DPR RI bersama KPU-Bawaslu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).

Tak hanya itu, Junimart juga mempertanyakan KPPU terkait keabsahan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, jika KPPU masih mengandalkan PKPU nomor 19 tahun 2023.

Jadi kalau KPU masih pakai PKPU 19, tolong dijawab nanti pak, apakah pendaftaran capres dan cawapres itu sah pak? kata Junimart.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menegaskan PKPU Nomor 19 Tahun 2023 masih berlaku hingga saat ini. Padahal, kata Hasyim, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu masih berlaku setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi mengenai gugatan batasan usia calon presiden dan wakil presiden.

“Masih berlaku kecuali pasal tersebut dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi,” jawab Hasyim.

Ikuti berita Okezone berita Google


Soal keabsahan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden pasca putusan Mahkamah Konstitusi, Hasyim menjelaskan pihaknya baru melakukan pengecekan kelengkapan dokumen pada tahap pendaftaran.

BACA JUGA:

“Jadi yang kita periksa adalah keputusan apakah dokumen itu benar atau sah, sehingga kesimpulan akhir memenuhi syarat atau tidak. Sesuai jadwal akan diputuskan pada 13 November 2023,” jawab Hasyim.

BACA JUGA:

“Jadi kita jadikan sebagai tolak ukur pada masa pendaftaran apakah dokumen yang dipersyaratkan sudah lengkap atau belum,” kata Hasyim.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *