Susah Nyanyikan Nada Tinggi, Rayen Pono Punya Masalah Vokal : Okezone Celebrity

JAKARTA – Seorang penyanyi Rayen Pono Dalam beberapa tahun terakhir, dia mengalami masalah pada pita suaranya. Gangguan yang dialaminya dipicu oleh penyakit asam lambung yang dideritanya.

Alhasil, Rayen kini mengaku kesulitan dalam menyanyi. Terutama pada nada-nada tinggi.

“Sebenarnya saya merasa sudah lama ada penurunan kualitas treble, sekitar 4-5 tahun. Saya baru ke dokter tanggal 12 Oktober lalu karena sampai saat ini hanya dikatakan asam lambung,” kata Rayen Pono. saat ditemui baru-baru ini di kawasan Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Mantan anggota Pasto itu mengatakan asam lambungnya naik ke tenggorokan. Itu yang mengganggunya saat dia bernyanyi.

Jadi tidak mau tutup kalau ‘HAH’, yang kanan mau tutup, yang kiri tidak mau tutup. Jadi seperti ada rongga udara yang membuat suaranya kurang maksimal, jelasnya.

Rayen Pono

Rayen menegaskan, kondisi pita suaranya saat ini belum bisa dikatakan rusak. Namun jika salah penanganan, bukan tidak mungkin akan dialami.

Untuk mencegah hal yang lebih buruk, Rayen rutin memeriksakan diri ke dokter. Meski demikian, ia berharap tak perlu menjalani operasi untuk memulihkan pita suaranya.

“Sebenarnya membingungkan. Bukan kerusakan sebenarnya, itu malfungsi yang bisa rusak kalau salah penanganan,” ujarnya lagi.

“Untuk saat ini kalau saya periksa dua minggu lagi, mereka akan memberi saya obat dulu. Begitu obatnya selesai, saya baik-baik saja, saya bisa olahraga seperti itu, baru saya lanjutkan. Kalau tidak, maka akan ada perawatan khusus. nanti. Tapi saya harap saya tidak perlu menjalani operasi,” tutupnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


(mobil van)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *