Survei: Masyarakat Yakin Jokowi Tak Campuri Keputusan MK: National Okezone

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, dirinya tidak ikut campur dalam urusan terkait penetapan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).




Hal ini merupakan reaksi terhadap Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan permohonan substantif batasan usia calon presiden dan wakil presiden (Calon Cawapres).

Saya tegaskan, saya tidak ikut campur dalam penetapan calon presiden dan wakil presiden, tegas Jokowi dalam keterangannya yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 16 Oktober 2023.

Sementara itu, hasil survei Institute for Public Opinion Research mampu menjaring opini masyarakat terhadap kontroversi putusan Mahkamah Konstitusi.

Berdasarkan wawancara melalui telepon dengan 1.207 responden pada 25-28 Oktober 2023, diketahui mayoritas masyarakat tidak menyangka Jokowi akan dilibatkan dalam putusan Mahkamah Konstitusi.

“Mayoritas, 59,3 persen masyarakat sudah berpendapat Jokowi tidak ikut campur dalam pengambilan keputusan. “Masyarakat juga menganggap putusan Mahkamah Konstitusi merupakan proses hukum yang wajar,” kata Kennedy Muslim, peneliti Polling Institute, saat memaparkan hasil survei bertajuk “Peta Persaingan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.” calon dan partai politik setelah penutupan pendaftaran KPU.” , Selasa (31 Oktober 2023).

Sebelum menangkap persepsi tersebut, Lembaga Riset Opini Publik terlebih dahulu menganalisis jumlah masyarakat yang mengetahui putusan Mahkamah Konstitusi. Hasilnya cukup tinggi, dan hingga 50 persen mengetahuinya Keputusan Mahkamah Konstitusi tentang usia calon presiden dan wakil presiden.

Ikuti berita Okezone berita Google


Dari mereka yang mengetahui, Kennedy menjelaskan bahwa sebanyak 51,8 persen setuju dengan keputusan anggota parlemen tersebut. Sedangkan yang berpendapat sebaliknya mencapai 46 persen.

“Dari seluruh responden, disadari atau tidak, jumlah yang mendukung putusan MK mencapai 49,7 persen. “Yang tidak setuju sekitar 40,4 persen,” pungkas Kennedy.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *