Sukseskan MotoGP 2023, Kominfo berikan dukungan penuh: Okezone News

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan dukungan penuh terhadap perhelatan olahraga internasional MotoGP Indonesia 2023 yang digelar di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023. Direktur Jenderal Sumber Daya Sarana Pos dan Informatika Kementerian Perhubungan dan Informasi Ismail mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan penggunaan spektrum frekuensi radio (SFR) secara intensif.

Pemantauan ini dilakukan untuk memitigasi gangguan SFR selama MotoGP 2023, ujarnya dalam jumpa pers di Media Center Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (13/10/2023).




Menurut Dirjen Ismail, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah memberikan izin masuk perangkat dan SFR Interim Permits (ISR) penggunaan frekuensi. Perizinan melalui Ditjen SDPPI meliputi pemberian izin masuk sementara terhadap 750 perangkat frekuensi yang digunakan penyelenggara, lebih dari 200 ISR sementara, serta pemantauan terhadap penyelenggara SFR dan pengguna eksisting untuk memitigasi potensi gangguan SFR. Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan ŠFR sebagai sumber daya yang terbatas perlu dikelola dengan baik.

“Biasanya acara-acara besar seperti ini membutuhkan frekuensi yang banyak. Sehingga perlu dilakukan manajemen frekuensi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang intensif berkoordinasi dengan pihak penyelenggara dan seluruh pihak yang berkepentingan. Menurut Dirjen Ismail, tim Ditjen SDPPI juga melakukan pengujian sebelum acara dengan menyalakan seluruh peralatan yang akan digunakan. Ini tentang mengurangi gangguan dan memastikan koeksistensi perangkat-perangkat ini.

Pengawasan SFR oleh Ditjen SDPPI ajang MotoGP 2023 dilakukan terhadap frekuensi penyelenggara, meliputi komunikasi antar tim balap, komunikasi tim Dorna/promotor, penyiaran, kamera nirkabel, helicam, data telemetri dan penyelenggara lokal. . komunikasi,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan acara tersebut, kerjasama Ditjen SDPPI terus terjalin antara lain dengan pengguna yang sudah ada seperti dinas udara berkoordinasi dengan navigasi udara, kemudian untuk pengamanan frekuensi dilakukan koordinasi dengan Korps Pengamanan Presiden, Mobile Brigade Polisi. dan Badan Siber dan Kriptografi Nasional.

Ikuti berita Okezone berita Google


(FDA)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *