Simak, Prospek kerja lulusan politeknik STIS : Okezone Edukasi

JAKARTA – Prospek kerja lulusan politeknik STIS menarik untuk disimak. Politeknik Statistika STIS merupakan salah satu perguruan tinggi resmi yang sangat populer di kalangan mahasiswa.

Bidang statistik mencakup dua jenis peminatan, yaitu statistik ekonomi dan statistik sosial dan kependudukan. Sedangkan bidang komputasi statistik mempunyai dua jenis peminatan yaitu ilmu data atau data science dan sistem informasi.

Pembuatan AIS berdasarkan SK No. 377/PM/1958 tentang pendirian Akademi Statistik pada tanggal 11 Agustus 1958. Tujuan didirikannya AIS adalah untuk mendidik personel yang melakukan kegiatan pada tingkat semi profesional.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (13/10/2023), Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS). Jika ditilik ke belakang, keberadaan sekolah kedinasan ini diawali dengan berdirinya Academy of Statistical Sciences (AIS). Lulusan Politeknik Statistika STIS akan diangkat menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pusat Statistik (BPS) seluruh Indonesia sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:

Statistik Prospek Kerja Politeknik STIS

Lulusan STIS tidak perlu bingung mencari pekerjaan di mana setelah lulus karena mereka diangkat menjadi ASN di BPS. Statistika adalah cabang matematika yang berkaitan dengan pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian sejumlah data numerik untuk digunakan sebagai informasi atau untuk menarik kesimpulan tentang proporsi keseluruhan sampel yang representatif.

Prospek kerja lain yang berkaitan dengan statistika adalah sebagai berikut:

1. Ekonom

Banyak tugas penting seorang ekonom antara lain mengumpulkan dan menganalisis data, memeriksa tren data, mengevaluasi sejumlah masalah ekonomi, dan membuat perkiraan ekonomi untuk mengambil keputusan yang paling tepat.

2. Biometrik

Profesi ini keren sekali, ahli biometrik merupakan gabungan antara ahli matematika dan ahli biologi, tugas pokoknya antara lain menganalisis atau memberikan proposal penting kepada organisasi di bidang kesehatan dan biologi.

3. Aktuaris

Seorang aktuaris akan menggunakan teori dan statistik keuangan untuk menilai kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu dan kemungkinan biaya keuangannya.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Analisis data

Profesi analisis data ini sangat diminati di semua sektor seperti keuangan, konsultasi, manufaktur, farmasi, pemerintahan, dan pendidikan.

BACA JUGA:

5. Analisis bisnis

Karier ini sangat ideal bagi individu yang suka mengevaluasi dan menganalisis data, menciptakan solusi, bekerja dengan kelompok besar, dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi informasi.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *