Seri Penghargaan Jenderal AH Nasution: Okezone Nasional

JAKARTA– Prestasi dan penghargaan Jenderal AH Nasution penting untuk didiskusikan bahkan hingga hari ini. Pahlawan nasional Indonesia kelahiran Tapanuli Selatan pada 3 Desember 1918 ini dikenal memiliki dedikasi tinggi di bidang militer dan politik.

BACA JUGA:

Daftar Anak Korban G30SPKI Jenderal AH Nasution



Semasa hidupnya, jenderal yang selamat dari tragedi nahas G30S ini berkali-kali berjasa bagi bangsa dan negara melalui angkatan bersenjata. Tak heran jika Jenderal AH Nasution dihujani prestasi dan penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Pada Senin (30/10/2023) disajikan daftar prestasi dan penghargaan Jenderal AH Nasution dari berbagai sumber.

5 gelar doktor kehormatan

Jenderal Abdul Haris Nasution diketahui mendapat gelar kehormatan atau Honoris Causa, yaitu gelar pascasarjana yang diberikan oleh perguruan tinggi atau universitas.

Gelar ini tentunya diberikan kepada seseorang yang memenuhi syarat dan telah berjasa atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Pengakuan kelas Honoris Causa Jenderal AH Nasution diterima dari Universitas Padjadjaran dan Universitas Islam Sumatera Utara. Selain itu, ia memperoleh gelar Politik Konstitusi dari Universitas Filipina.


Ikuti berita Okezone berita Google


4 bintang kehormatan

Selain gelar Honoris Causa, Jenderal AH Nasution juga banyak menerima bintang kehormatan dari beberapa negara, seperti Bintang Gajah Putih dari Kerajaan Thailand, Bintang Bendera Yugoslavia Kelas I, Bintang Tertinggi Republik dari Republik Arab Bersatu. (RPA), Bintang Jasa dari Federasi Jerman pada tahun 1963 dan Bintang Tertinggi Trimurti dari Etiopia pada tahun 1968.

3 penghargaan dari rumah

Selain penghargaan bintang dari luar negeri, mantan Menteri Koordinator Pertahanan dan Keamanan ini juga mendapat beberapa bintang kehormatan dari dalam negeri. Seperti Bintang Darma, Bintang Gerilya, Bintang Sewindu, Satyalencana Dharma Pembebasan Irian Barat dan Satyalencana Penegakan Operasi Penumpasan G30S PKI.

2 Jenderal yang hebat

Atas prestasinya di dunia militer dan politik, pemerintah Indonesia menganugerahkan gelar Jenderal Besar AH Nasution pada tanggal 30 September 1997 berdasarkan Keputusan Presiden No. 46/ABRI/1997.

1 pahlawan nasional

Sosok jenderal besar AH Nasution dianugerahi gelar pahlawan nasional pada 6 November 2002, dua tahun setelah kematiannya.

Inilah 5 prestasi dan penghargaan yang diraih Jenderal AH Nasution.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *