Selain Firli Bahuri, penyidik ​​Polda Metro Jaya juga memeriksa pegawai pusat data dan data Kemenkes: National Okezone

JAKARTA – Selain berencana memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, penyidik ​​Metro Jaya juga berencana memeriksa pegawai Pusat Data dan Teknologi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan. Keduanya diperiksa dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat masih menjabat Menteri Pertanian (Mentan) RI.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kompol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, selain memeriksa Firli Bahuri, penyidik ​​juga memeriksa salah satu pegawai Kementerian Kesehatan.




Saksi staf Pusdatin Kementerian Kesehatan diperiksa di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Sementara Firli Bahuri diperiksa di Gedung Reskrim Polres Jakarta Selatan. Keduanya diperiksa bersamaan pada pukul 10.00 WIB.

“Di Polda Metro Jaya ada program wawancara saksi dari kalangan pegawai pusat data dan data Kementerian Kesehatan RI,” kata Ade saat dikonfirmasi, Selasa (24/10/2023).

Menurut Ade Safri, pemeriksaan Firli Bahuri dilakukan di Bareskrim Polri atas permintaan pimpinan KPK yang ditujukan kepada Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Ade Safri mengatakan, permintaan tersebut disampaikan langsung oleh pimpinan KPK kepada Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melalui surat yang diterima pihaknya pada Senin (23/10/2023).

“Kami menerima surat dari Pimpinan KPK RI tertanggal 23 Oktober 2023 yang ditujukan kepada Ditjen KPK, Bareskrim Polri dan Dirreskrimsus Polda Metro Jaya selaku penyidik, yang pada dasarnya adalah permintaan. mengizinkan penyidikan atau permintaan keterangan kepada Ketua KPK RI, FB sebagai saksi (merujuk pada surat “panggilan penyidik ​​sebelumnya) dapat dilakukan pada Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB di Reskrim Polri. Kantor Penyidikan,” jelas Ade Safri.

Ikuti berita Okezone berita Google


Kendati demikian, Ade Safri menegaskan Polda Metro Jaya masih menangani kasus dugaan pungutan liar yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2021. Hanya saja penyidikan khusus Ketua KPK Firli Bahuri dieksekusi Bareskrim Polri.

“Penanganan kasusnya masih ditangani Polda Metro Jaya. Hanya khusus pemeriksaannya (hari ini Firli Bahuri) yang dilakukan Dittipidkor Bareskrim Polri, kata Ade Safri.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri tak bisa memenuhi panggilan Polda Metro Jaya hari ini, Jumat (20/10/2023). Firli pun meminta untuk menunda pemeriksaan terhadap dirinya yang kini diperiksa sebagai saksi. Kepastian Firli tak bisa ikut diberikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nurul Ghufron.

Karena adanya kegiatan yang telah direncanakan pada waktu dan tanggal tersebut, maka Ketua KPK belum dapat menghadiri pemanggilan tersebut, jelas Nurul Ghufron dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, kata Nurul Ghufron, Firli Bahuri juga perlu mempelajari materinya sebelum dipanggil kembali sebagai saksi. Selain itu, pada Kamis (19/10/2023) kami menerima surat panggilan dari penyidik ​​Polda Metro Jaya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *