Sekjen Kementan Kenakan Rompi Oranye KPK Sebagai Tersangka Usai Diperiksa: National Okezone

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyon (KS) resmi ditahan hari ini, Rabu (11 Oktober 2023), oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah diajukan untuk diperiksa sebagai tersangka. Kasdi merupakan salah satu tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, Kasdi terlihat mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye dengan tangan diborgol usai diperiksa sebagai tersangka. Petugas kepolisian membawa Kasdi ke ruang konferensi pers di gedung KPK untuk mengumumkan penangkapannya kepada publik. Kasdi mengenakan kemeja batik bermotif coklat tua dan masker berwarna putih sambil berjalan dengan kepala tertunduk.




Sekadar informasi, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono dua kali diperiksa tim penyidik ​​KPK. Dia pertama kali diperiksa sebagai saksi pada Selasa (10/10/2023), kemarin. Dia kemudian diperiksa lagi hari ini sebagai tersangka.

Belakangan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang meningkatkan penyidikan terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian ke tahap penyidikan. Dugaan korupsi yang diusut disebut berkaitan dengan suap promosi.

Senada dengan itu, KPK juga dikabarkan menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Sedangkan ketiga tersangka adalah mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono; serta Direktur Mesin Pertanian Muhammad Hatta. Merek diduga menerima honor dari kenaikan pangkat di lingkungan Kementerian Pertanian.

Proses penyidikan ditandai dengan penggeledahan di beberapa tempat. Beberapa tempat yang digeledah antara lain rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lalu ke rumah pribadi SYL di Makassar, ruang kerjanya di Kementerian Pertanian. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita sejumlah barang yang diduga terkait pengusutan kasus ini dari beberapa kota.

Ikuti berita Okezone berita Google


(wal)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *