Sederet Penyakit yang Timbul Saat Cuaca Panas, Waspadai Demam dan Diare : Okezone health

CUACA Cuaca panas ekstrem yang melanda banyak wilayah di Indonesia kini menjadi perbincangan masyarakat. Masyarakat mengeluhkan cuaca panas yang bisa mencapai 37 derajat pada siang hari.

Di tengah cuaca ekstrem ini, masyarakat perlu menjaga kesehatan fisik. Sebab tak hanya di musim hujan saja, berbagai jenis penyakit juga menanti kita di tengah musim panas.

Penasaran penyakit apa saja yang harus diwaspadai saat cuaca panas? Berikut rangkuman informasinya dari berbagai sumber, Selasa (3/10/2023).

1. Flu

Yang pertama adalah flu. Tak hanya di musim hujan, flu disertai pilek juga bisa muncul saat cuaca panas.

Sederet penyakit yang muncul saat cuaca panas

Unilab melaporkan bahwa beberapa virus dan bakteri lain berkembang biak di bawah terik matahari, sehingga meningkatkan risiko infeksi. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap menjaga kebersihan dan memakai masker saat jauh dari rumah, meski cuaca panas.

2. Penyakit kulit

Lalu ada masalah penyakit kulit. Berada di bawah terik matahari musim panas dapat menyebabkan luka bakar yang berbahaya di seluruh tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit terbakar dan bahkan infeksi. Untuk itu, pastikan Anda selalu memakai tabir surya dengan SPF cukup dan mengenakan pakaian tertutup yang nyaman untuk menghindari luka bakar langsung.

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Demam

Suhu tinggi dapat menyebabkan sakit kepala dan dehidrasi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan demam. Untuk itu, penting untuk menjaga stamina dan asupan agar terhindar dari demam dan dehidrasi saat cuaca panas.

Selalu sediakan paracetamol saat bepergian atau di rumah. Hal ini berguna dalam meringankan tanda-tanda dan gejala demam dan nyeri tubuh ringan lainnya.

4. Diare

Lainnya adalah diare. Bakteri tertentu berkembang biak ketika terkena panas ekstrem di musim panas. Oleh karena itu, makanan lebih berisiko dan dapat menimbulkan reaksi negatif pada perut Anda saat dikonsumsi.

Oleh karena itu, masyarakat perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi jajanan, apalagi di cuaca panas seperti ini. Anda harus sangat berhati-hati agar tidak mengalami diare saat musim kemarau.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *