Sandiaga mengatakan SKKNI memperkuat sumber daya manusia untuk membuka lapangan kerja lebih luas: Okezone Travel

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Sidang Nasional Rancangan Standar Kompetensi Tenaga Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) 12 bidang pariwisata pada Selasa (24/10/2023) di Hotel Santika Slipi, Ballroom Betawi, Jakarta Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno Dikatakannya, kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama Kemenparekraf dan pemangku kepentingan untuk mempercepat pemulihan dan meningkatkan produktivitas di sektor pariwisata dan kreatif.

BACA JUGA:

“Adanya program kegiatan ini merupakan bagian dari pemberdayaan sumber daya manusia,” kata Sandi yang juga Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD (TPN).

Menurutnya, kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui upskilling (peningkatan kompetensi), retraining (penguatan kompetensi) dan new skill (penambahan kompetensi baru).

Selain itu, terdapat sebanyak 12 sektor pariwisata yang sedang melalui tahapan rancangan Konvensi Nasional SKKNI, antara lain penginapan wisata atau rumah keluarga, transportasi pariwisata, konsultasi pemasaran pariwisata, jasa katering, pengelolaan golf, pemandu wisata taman rekreasi, desa wisata. , Pemandu geowisata, makanan di rumah atau warung, pemandu snorkeling serta layanan Impresario dan promotor.

“Berkat kerja sama dengan semua pihak, saat ini terdapat 12 SKKNI yang mencakup profesi di bidang industri pariwisata dan akan mendapat tambahan kompetensi karena pertumbuhannya luar biasa. “Persyaratan peningkatan sumber daya manusia kita sangat diperlukan untuk mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” jelas Sandiaga.

BACA JUGA:

Sandiaga kembali menegaskan, kerja sama dengan berbagai pihak pasti akan memberikan potensi atau peluang terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru.

“Kerjasama dengan berbagai pihak dan didukung oleh Bank Dunia ini merupakan upaya kami untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas. “Jadi tujuannya adalah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor Parekraf pada tahun 2024,” tegas Sandi.

Ikuti berita Okezone berita Google


(sal)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *