Revitalisasi MotoGP Mandalika, UMKM Pertamina Patra Niaga berkontribusi bagi perekonomian Lombok: Berita dari Okezone

Lombok – Ajang Balap Motor Internasional Pertamina Grand Prix Indonesia yang digelar pada tanggal 13 hingga 15 Oktober telah usai. Selain keberhasilan implementasi, keberhasilan juga tercermin dari peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya penjualan barang kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pada tahun 2023 ini, lebih dari 40 pelaku usaha kecil dan menengah wilayah Nusa Tenggara Barat diundang oleh Pertamina Patra Niaga untuk turut serta dalam penyerahan berbagai oleh-oleh khas Lombok, seperti berbagai jenis tenun, kerajinan anyaman bambu, mutiara, batik khas Lombok, serta produk makanan dan minuman. dijual kepada penonton di Pertamina Mandalika International Area




Saat berkunjung ke booth UMKM di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Sabtu pagi (14/10/2023), Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan, kehadiran UMKM binaan tersebut merupakan wujud dukungan Pertamina dalam menampilkan Lombok. dunia internasional.

“Ini merupakan upaya bersama antara Pertamina dan pemerintah untuk mengembangkan dan memperkenalkan Lombok ke dunia internasional, karena kita tahu MotoGP memiliki komunitas dan penggemar di seluruh dunia. “Di sini kami mewakili bahwa UMKM kami dapat membawa dan membantu dalam menghadirkan keunikan Lombok dan juga mengembangkan industri pariwisata Indonesia khususnya di Lombok,” kata Riva.

Lanjut Riva, Pertamina Patra Niaga sangat bangga dan senang bisa bermitra dengan UMKM untuk Pertamina Grand Prix Indonesia 2023. Selain membuka pasar dan peluang perputaran perekonomian, kata dia, kehadiran UMKM tersebut juga memenuhi kebutuhan MotoGP. penonton di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

“Alhamdulillah selama 3 hari pengabdian masyarakat, teman-teman UMKM bisa menjalankan usahanya dengan baik, perputaran perekonomian luar biasa. “Kami berharap kedepannya UMKM ini dapat membawa Indonesia mewakili Lombok dan Nusa Tenggara ke ajang dan tahapan yang lebih tinggi lagi,” kata Riva.

Janual Aidi, pemilik D’Etnik Mutiara Lombok, salah satu cabang Pertamina Patra Niaga yang menjual perhiasan mutiara khas Lombok, mengungkapkan kebahagiaannya bisa mengikuti acara ini.

“Ada cincin mutiara air asin dan mutiara air tawar, ada juga gelang. “Kami sudah mempersiapkan pembukaan standnya, mulai dari latihan dan persiapan lainnya, alhamdulillah menurut kami sangat menyenangkan karena kami punya pengalaman bisa mengikuti acara sebesar ini,” kata Janual Aidi.

Hal senada juga disampaikan Maemunah salah satu peserta booth UMKM UD. Nandita, Mitra Pertamina yang menjual berbagai jenis makanan ringan, dengan senang hati berbagi kesannya mengikuti acara ini 2 tahun berturut-turut.

“Senang sekali dan penonton sangat antusias. Berkat Pertamina, kami juga berkembang dan maju dalam pengelolaan bisnis,” kata Maemunah.

Keterlibatan UMKM binaan dalam ajang internasional ini merupakan salah satu dukungan Pertamina Patra Niaga dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya terkait penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, serta penerapan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola. (ESG) didasari dengan harapan kedepannya produk-produk UMKM tersebut juga semakin beragam dan tentunya perekonomiannya pun berbalik.

Ikuti berita Okezone berita Google


(lebar)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *