Rencanakan Masa Depan Anda Sejak Dini, DPLK BRI Ajak UKM Siapkan Dana Pensiun: Economy Okezone

Jakarta- Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BRI telah menunjukkan partisipasi aktifnya dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia dengan mengadakan kursus edukasi “Usaha Kecil Menengah Pun Bisa Memiliki Pensiun” di pojok investasi pada acara Pesta Rakyat (PRS) BRI Simpedes di Pandaan, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Direktur Perdagangan Besar dan Institusi BRI Agus Noorsanto mengatakan terkait kegiatan ini merupakan wujud komitmen DPLK BRI dalam meningkatkan literasi dana pensiun serta memberikan pendampingan kepada nasabah dan UKM dalam mempersiapkan uang pensiun di hari tua.

Seperti diketahui, indeks literasi dana pensiun Indonesia sebenarnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada tahun 2019 hingga 2022, namun tingkat inklusi justru mengalami penurunan dari 6,18 persen menjadi 5,42 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih belum sepenuhnya mengetahui produk dana pensiun apa yang dapat mereka gunakan untuk mempersiapkan masa pensiun.

“Saya berharap para pelaku UMKM semakin memahami pentingnya persiapan tabungan hari tua. Oleh karena itu, mereka lebih berhati-hati dan percaya diri dalam mengelola keuangannya. “Tabungan pensiun atau pesangon bisa dititipkan ke DPLK BRI,” ujarnya.

Dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, lanjutnya, para pelaku UMKM berani mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan usahanya, antara lain kepercayaan mengelola keuangan dengan BRImo, kepercayaan diri bertransaksi dengan QRIS, dan kepercayaan menabung dengan BRI. Tabungan Simpedes, serta penyiapan tabungan pensiun dan cadangan pembayaran pesangon melalui DPLK BRI.

Lebih dari 150 pelaku UMKM dari segala bentuk usaha hadir dalam acara ini. Mulai dari makanan minuman, perajut tas, perajin batik, perajin sandal hingga usaha kopi dll. Beberapa UMKM juga memiliki cabang dan memiliki pekerja yang dibayar mingguan atau bulanan.

Beberapa UKM bahkan mempunyai omzet yang cukup besar, namun masih belum memiliki perencanaan keuangan yang baik, terutama dalam berinvestasi pada dana pensiun.

Peserta antusias menyambut baik program BRIFINE dari DPLK BRI. Evi, salah satu pelaku UMKM yang mengikuti PRS Pandaan 2023 diundang untuk mengikuti program tersebut.

“DPLK merupakan produk yang sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi para pengusaha. “Penghasilan kita bisa disisihkan untuk iuran DPLK dan kita juga bisa menentukan sendiri berapa besaran yang ingin kita terima di masa pensiun,” ujarnya.

Dari sisi transparansi, imbal hasil bebas pajak yang optimal dan dukungan BRI selaku pendiri DPLK menjadi faktor penting bagi pelaku UMKM. Selain itu, pengecekan saldo juga mudah.

Melalui BRImo yang dapat dilakukan setiap hari juga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi peserta dalam melacak tabungan pensiunnya.

Saat ini DPLK BRI mengelola aset sebesar Rp 21 triliun dengan lebih dari 500.000 peserta. Produk BRIFINE dapat diakses di seluruh unit kerja BRI di seluruh Indonesia. Selain tracking saldo, peserta juga bisa langsung mendaftar BRIFINE Individual dan mengisi ulang iuran melalui aplikasi BRImo.


Ikuti berita Okezone berita Google


(lebar)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *