Relawan Ganjar dukung pengembangan usaha kecil menengah bagi ibu-ibu di Sumut: Berita dari Okezone

SERDANG BEDAGAI – Relawan Mak Ganjar asal Sumatera Utara (Sumut) mengadakan kegiatan pelatihan bidang pembuatan dodo bersama warga Desa Petuaran Hilir, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Koordinator Wilayah Sumut Mak Ganjar Nour Wahyuni ​​mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut bekerjasama dengan salah satu pelaku UMKM yang sedang menggeluti bisnis dolomit di Serdang Bedagai.




“Mak Ganjar hari ini berkolaborasi dengan salah satu pelaku UMKM di Kabupaten Serdang Bedagai membuat dodol bersama ibu-ibu di kabupaten ini,” kata Nour dalam keterangannya, Kamis (12/10/2023).

Nour menjelaskan, pelatihan pembuatan dodol ini bertujuan agar masyarakat dapat membuat dodol sendiri selain sebagai makanan ringan dan juga sebagai peluang usaha bagi masyarakat.

Pelatihan pembuatan kayu bakar juga berlangsung dengan cara pembakaran kayu bakar secara tradisional, sehingga warga dapat dengan mudah menerapkannya di rumah masing-masing.

“Kami ajarkan cara membuat dodol yang benar agar bisa membuat jajanan sendiri, sehingga bisa bermanfaat bagi ibu-ibu sendiri,” lanjutnya.

Kabupaten Serdang Bedagai sebagai daerah yang dikenal sebagai pusat dodol selalu mampu menarik wisatawan untuk berkunjung dan membeli oleh-oleh khas dodol.

Ikuti berita Okezone berita Google


Oleh karena itu, ibu-ibu pendukung Ganjar Pranowo berharap warga bisa memaksimalkan pelatihan pembuatan dodol agar semakin terampil membuat dodol yang enak.

Menurut Nour, dodol produksi warga Serdang Bedagai sangat mampu dijual lebih luas, terutama di luar wilayah Sumut.

“Harapan dari pelatihan ini ibu-ibu bisa membuat dodol sendiri di sini dan menjualnya ke luar negeri untuk mendapatkan uang,” kata Nour.

Salah satu warga yang mengikuti pelatihan, Sumiatik, menyambut baik kegiatan Mak Ganjara. Ia juga mengatakan, pelatihan yang diberikan Mak Ganjara sangat positif dan bermanfaat bagi warga yang ingin membuat dodol di rumah.

“Kegiatan ini menurut saya bagus. Warga menyambutnya dengan antusias dan semua orang menyukainya. Bagus sekali karena kalau bisa membuatnya sendiri bisa menyumbang perekonomian keluarga,” kata Sumiatik.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *