Relawan dari Ganjaro dukung pengembangan UKM masyarakat Betawi: Okezone Megapolitan

JAKARTA- Relawan calon presiden dari Partai Perindo Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Mak Ganjar Jabodetabek mendapat pelatihan pembuatan es mayang selendang untuk ibu-ibu di Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Koordinator wilayah Mak Hadiah Ima di Jakarta Timur menjelaskan, pelatihan tersebut dilakukan untuk mendorong para ibu-ibu agar memproduksi es selendang mayang sebagai salah satu pilihan usahanya.

Menurutnya, menjual selendang mayang merupakan ide bisnis kuliner yang bagus. Pasalnya, kuliner khas Betawi semakin langka jika ditemukan penjualnya.

“Saya berharap dapat meningkatkan keterampilan (membuat) es selendang mayang, melestarikan makanan khas Betawi. Menginspirasi ibu-ibu untuk berwirausaha dengan menjual es selendang mayang karena sudah langka,” kata Ima, Minggu (8/10/2023). .

Ia mengatakan, kawasan Kramat Jati memiliki banyak pasar tradisional sehingga memudahkan perempuan untuk menjual dagangannya di kemudian hari.

Ima mengaku menikmati proses pelatihan. Selain semangat ibu-ibu dalam belajar, latihan ini juga berlangsung interaktif karena para peserta diajak memasak bersama dengan bahan dan alat yang disediakan oleh para relawan.

Mak Ganjar Jabodetabek bekerja sama dengan pengusaha kuliner asal Betawi mengajari peserta praktik pembuatan selendang mayang. Mulai dari penjelasan bahan hingga cara pengolahannya juga diajarkan dalam pelatihan ini.

“Dulu juga ada masak bersama, kami praktek langsung membuat es selendang mayang. Es selendang mayang sudah mulai langka di pasaran. Makanya kami berupaya melestarikan es selendang mayang khas Betawi,” jelas Ima.

Ikuti berita Okezone berita Google


Para relawan yang juga terdiri dari ibu-ibu dari berbagai daerah di Jabodetabek juga ingin mendukung pelestarian kuliner khas Betawi yang saat ini mulai mendisrupsi jajanan modern melalui kegiatan ini.

Ima juga mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini terinspirasi dari sosok yang mereka kagumi, Ganjar Pranow. Ia menilai Ganjara adalah sosok pemimpin yang sangat berhasrat memajukan sektor UMKM.

“Kegiatan kami selanjutnya akan terus menjadi pelatihan yang bermanfaat bagi ibu-ibu di Jakarta,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *