Realisasi Investasi di Jakarta Capai Rp 50,9 Triliun, Terbesar di Indonesia: Okezone Economy

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta mencatat pelaksanaannya investasi mencapai tingkat nasional tertinggi pada kuartal ketiga tahun 2023. Realisasi penanaman modal asing (PMA) mencapai USD 1,1 miliar atau setara Rp 16,7 triliun, sedangkan realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp 34,2 triliun.

Alhamdulillah kinerja investasi DKI Jakarta kembali mencatatkan hasil positif. “Secara kumulatif, realisasi investasi PMA dan PMDN DKI Jakarta pada triwulan III tahun 2023 menempati peringkat pertama nasional dengan total sebesar Rp50,9 triliun atau 13,6% dari realisasi investasi nasional,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Penanaman Modal Provinsi DKI Jakarta. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). DKI Jakarta, Benni Aguscandra, Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, realisasi penanaman modal di DKI Jakarta pada triwulan III tahun 2023 meningkat sebesar 79% dibandingkan triwulan III tahun 2022 yang realisasinya sebesar Rp28,4 triliun. Dia menyatakan, tingginya angka realisasi investasi di Jakarta tidak lepas dari arah tindakan. Gubernur DKI Jakarta, bahwa seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta terus melakukan berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat guna mendorong laju investasi di Jakarta sebagai kota global.

Sejalan dengan arahan akting, Gubernur DKI Jakarta Bapak Heru Budi Hartono, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta tetap berkomitmen menjaga kualitas pelayanan melalui berbagai inovasi di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan. Hal ini sejalan dengan posisi Jakarta yang akan memperkuat perannya sebagai pusat ekonomi dan bisnis tidak hanya secara nasional, tetapi juga regional dan global, kata Benni.

Sedangkan pada Januari hingga September 2023, realisasi investasi PMDN Jakarta masih tertinggi dibandingkan daerah lain di Indonesia yakni mencapai Rp74,7 triliun. Sedangkan pelaksanaan PMA Jakarta Januari-September 2023 mencapai US$3,8 miliar atau setara US$55,6 triliun.

Jika melihat periode Januari hingga September 2023, total keberhasilan realisasi investasi di Jakarta terdiri dari PMA dan PMDN sangat positif mencapai Rp130,3 triliun, kata Benni.

Benni mengatakan, pada Januari hingga September 2023, setidaknya ada tiga sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap realisasi penanaman modal di Provinsi DKI Jakarta. Ketiga sektor tersebut adalah Transportasi, Pergudangan, dan Telekomunikasi dengan nilai Rp46,6 triliun (36%); Jasa lainnya Rp 23,7 triliun (18%) dan Perumahan, kawasan industri dan perkantoran Rp 16,5 triliun (13%).

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan kinerja investasi di Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Menyeluruh (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menginisiasi pelaksanaan kegiatan Jakarta Investment Award (JIA) Tahun 2023. dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Ajang ini menandai penghargaan pertama yang diberikan Pemprov DKI Jakarta kepada badan usaha yang berkontribusi positif terhadap pembangunan perekonomian dan pencapaian realisasi investasi.

Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan Pemprov DKI Jakarta kepada badan usaha untuk terus berinvestasi di Jakarta ke depannya.

“Pak Menteri, tadi siang kami kumpulkan mereka (pelaku usaha) di Hotel Borobudur, ini yang pertama, kami akan minta arahan kepada Pak Menteri agar mereka mau meningkatkan lagi investasi di Jakarta pada tahun depan,” kata Menkeu di mengenakan biaya. Gubernur Heru.

Ikuti berita Okezone berita Google


Pj Gubernur Heru mengatakan Jakarta sebagai pusat kegiatan perekonomian nasional memberikan kontribusi sebesar 16,64% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Dia mengatakan, pemindahan ibu kota negara akan menjadi dorongan bagi Pemprov DKI Jakarta untuk fokus menjadi kota bisnis global.

“Jakarta menyumbang 16,64 persen terhadap PDB Indonesia, sehingga sebenarnya kita mempunyai permasalahan yang luar biasa terkait pergerakan IKN,” kata Pj. Gubernur Heru.

Heru mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan terus memberikan berbagai kemudahan bagi para pelaku usaha untuk berinvestasi di Jakarta guna menjadikan Jakarta sebagai pusat bisnis berskala global.

“DKI Jakarta bersama Kementerian Dalam Negeri sedang melakukan negosiasi dan saat ini sedang dilanjutkan di DPRD dan DPR RI mengenai UU Daerah Khusus Jakarta. Insya Allah juga memberikan kenyamanan dalam berinvestasi di Jakarta, jelas Plt. Gubernur Heru.

Heru pun mengaku bersyukur atas pencapaian realisasi investasi Provinsi DKI Jakarta pada triwulan III tahun 2023 yang berhasil menempati posisi teratas tingkat nasional dengan perolehan keuntungan mencapai Rp50,9 triliun.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku tak yakin Provinsi DKI Jakarta menjadi wilayah dengan realisasi investasi tertinggi di Indonesia.

“Jujur saya kaget dengan DKI Pak Heru, kok yang pertama? Pas keluar kemarin saya kaget, biasanya realisasi investasi di Jabar pasti lebih bagus dari DKI, saya cek ke perwakilannya. , Cek Po, saya bilang, “Ini benar-benar menunjukkan realisasi investasi di DKI Jakarta sekarang jauh lebih besar dibandingkan di Jawa Barat dan Jawa Tengah,” kata Menteri Bahli.

Menteri Bahlil juga mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang memberikan penghargaan kepada para pengusaha yang berjasa dalam berinvestasi di Jakarta. Menteri Bahlil juga mengucapkan selamat kepada para pengusaha yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Selamat kepada bapak dan ibu sekalian Pak Heru, saya mengapresiasi DPMPTSP pertama di seluruh Indonesia, jadi baru kali ini DPMPTSP DKI Jakarta ini juga cocok untuk menaikkan KPI. Kalau angkatan Tukin sudah mentok, bapak perlu buat batch lagi. Sekali lagi saya ucapkan selamat, terima kasih,” pungkas Menteri Bahlil.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *