Putin menyangkal Rusia berada di balik kerusakan pipa gas Finlandia: Okezone News

MASKERPresiden Rusia Vladimir Putin dia menyangkalnya Masker ganti rugi pipa bawah air di antara Finlandia A Estonia.

Penyelidik menetapkan bahwa pecahnya konektor Baltik disebabkan oleh kekuatan mekanis.




Para pejabat Finlandia mengatakan mereka tidak bisa mengesampingkan keterlibatan aktor negara.

Putin mengatakan menyalahkan Rusia adalah hal yang sia-sia dan tidak ada gunanya, dan kerusakan yang terjadi bisa saja disebabkan oleh jangkar atau gempa bumi. Pipa tersebut ditutup akhir pekan lalu ketika operator menyadari adanya penurunan tekanan secara tiba-tiba.

Kabel telekomunikasi juga rusak. Helsinki mengatakan pihaknya yakin kebocoran pipa sepanjang 77 km (48 mil) itu disebabkan oleh aktivitas “eksternal”. Sumber mengatakan kepada BBC bahwa kecurigaan sabotase Rusia muncul sebagai “balas dendam” atas masuknya Finlandia ke NATO pada bulan April tahun ini.

ERR News melaporkan bahwa Menteri Pertahanan Estonia Hanno Pevkur mengatakan kerusakan tersebut pasti disebabkan oleh sesuatu yang lebih kuat daripada penyelam atau kapal selam tak berawak.

Namun pemimpin Rusia tersebut mengatakan bahwa dia bahkan tidak mengetahui keberadaan pipa tersebut dan bahwa tuduhan tersebut dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian dari serangan teror Barat terhadap Nord Stream.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan akan ada “tanggapan terpadu dan pasti” dari sekutu NATO jika terbukti insiden itu disengaja.

“Sekutu menyatakan solidaritas yang kuat dengan Estonia dan Finlandia saat mereka berupaya mengungkap fakta. NATO dan Sekutu berbagi informasi untuk mendukung upaya ini,” lanjutnya.

Pada Selasa (10/10/2023), Jüri Saska, komandan angkatan laut Estonia, mengatakan dirinya “tidak akan ikut campur dalam spekulasi” mengenai penyebab kerusakan tersebut.

Pihak berwenang Finlandia mengatakan kerusakan kabel dan pipa terjadi di dua lokasi berbeda di zona ekonomi eksklusif Finlandia.

“Kecil kemungkinan kerusakan yang terdeteksi disebabkan oleh penggunaan pipa secara normal atau fluktuasi tekanan,” kata Perdana Menteri Finlandia Petteri Orpo kepada wartawan. Kemungkinan penyebab lain, seperti aktivitas seismik, telah dikesampingkan.

Pipa tersebut merupakan satu-satunya sambungan langsung Finlandia ke jaringan pipa gas yang lebih luas di Uni Eropa. Orpo mengatakan terdapat cukup sumber gas alternatif untuk memastikan keamanan energi negara tidak terganggu.

Insiden ini menghidupkan kembali kekhawatiran mengenai keamanan energi setelah ledakan pipa gas Nord Stream tahun lalu.

Pipa Konektor Baltik dibuka pada tahun 2020 dan digunakan untuk mengangkut gas antara Estonia dan Finlandia, bergantung pada negara mana yang paling membutuhkannya.

Ini adalah satu-satunya saluran untuk mengimpor gas alam dari Finlandia sejak impor dari Rusia dihentikan pada Mei tahun lalu. Gas alam menyumbang sekitar 5% konsumsi energi Finlandia.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *