Pulau Jawa Dikelilingi Cuaca Panas, Kementerian Kesehatan Minta Masyarakat Perbanyak Minum Air Putih: Okezone health

CUACA kondisi ekstrem dirasakan di banyak wilayah di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta. Kenaikan suhu ini tentunya mengganggu aktivitas masyarakat dan sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu.

Menurut Accuweather, Surabaya menempati urutan pertama wilayah terpanas dengan suhu mencapai 42 Celcius, disusul Semarang 39 Celcius, Jakarta 37 Celcius, Yogyakarta 36 Celcius, dan Bandung 33 Celcius.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan sejumlah faktor penyebab terjadinya gelombang panas di ibu kota seiring dengan fenomena El Nino.

Pemanasan radiasi matahari yang terjadi pada pagi hari menjelang siang dan siang hari cukup optimal. Saat ini posisi semu matahari (pada bulan September) tepat di atas garis khatulistiwa sehingga penerimaan sinar matahari cukup merata di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek. daerah,” ujarnya Guswanto beberapa waktu lalu untuk MNC Portal Indonesia.

Pulau Jawa dikelilingi oleh cuaca yang panas

Lalu bagaimana caranya agar tetap sehat di tengah cuaca panas terik yang melanda banyak wilayah di Pulau Jawa, termasuk Jakarta dan sekitarnya?

Kepala Kantor Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, saat cuaca panas, masyarakat bisa menjaga kesehatan dengan cara melindungi diri.

Dr Nadia mengimbau masyarakat untuk memperbanyak minum air putih agar tetap terhidrasi. Sehingga tidak mudah mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi yang nantinya akan berdampak pada kesehatan Anda.

“Perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi, gunakan pelindung diri,” ujarnya saat dihubungi MNC pada Jumat, 29 September 2023.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sedangkan dikutip dari The Daily Meal, jika seseorang kurang mengonsumsi air minum maka akan mengalami gangguan kesehatan akibat kekurangan cairan.

Misalnya sakit kepala. Tanpa asupan air yang cukup, tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan sel-sel otak. Ketika ini terjadi, otak justru menyusut dan kehilangan cairan.

Setelah otak menjauh dari tengkorak, kepala Anda mulai merasakan sakit yang parah dan terus menerus. Siapa Takut! Untuk mengatasinya, Anda bisa meminum segelas H20 yang mampu menyegarkan tubuh dan menormalkan fungsi otak.

Menurut penelitian dari Institute of Medicine dan National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, asupan air harian harus berjumlah sekitar 15,5 gelas untuk pria dan 11,5 gelas untuk wanita.

Sekitar 20 persen asupan cairan harian Anda biasanya berasal dari makanan, sedangkan 80 persen sisanya terserah Anda untuk minum.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *