Potensi energi hijau tenaga surya hingga air RI mencapai 3.600 gigawatt: Okezone Economy

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat potensi energi hijau Indonesia sebesar 3.600 gigawatt (GW). Sumbernya berasal dari matahari, angin, panas bumi, arus laut, biowave energidan tenaga air (air).

Salah satu upayanya adalah dengan menambah energi dari sumber air atau pembangkit listrik tenaga air.

“Dari sisi potensi hidro, Indonesia memiliki lebih dari 4.400 sungai potensial, dan 128 di antaranya merupakan sungai besar,” kata Jokowi, Rabu (1/11/2023).

Meski demikian, masih terdapat permasalahan seperti lokasi sumber daya air yang jauh dari pusat kebutuhan listrik.

Dari situ, pemerintah Indonesia membuat rencana untuk mempercepat jalur transmisi yang menghubungkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air ke pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat pertumbuhan industri untuk meningkatkan nilai utilitasnya.

Tantangan lainnya adalah pembiayaan dan transfer teknologi. Menurutnya, keduanya memerlukan investasi besar dan kerja sama dengan seluruh kekuatan hidroekosistem di dunia.

Senada, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bumi sedang memanas sehingga meminta semua pihak untuk menjamin masa depan generasi mendatang yang lebih baik, salah satunya dengan mengurangi emisi gas rumah kaca.

PLN, kata dia, berkomitmen penuh untuk mempercepat pengurangan tersebut.

“PLTA merupakan ‘raksasa yang terlupakan’ dalam pengembangan listrik rendah karbon dan mempunyai peran penting dalam percepatan transisi energi,” kata Darmawan.

Ikuti berita Okezone berita Google


Dari situ, Darmawan mengajak dunia internasional untuk bekerja sama mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan. Namun diakuinya, masih ada permasalahan yang disampaikan Presiden Jokowi, yakni ketidaksesuaian antara lokasi sumber PLTA dengan pusat kebutuhan listrik.

Oleh karena itu, PLN akan segera membangun jalur transmisi untuk menghubungkan sumber-sumber yang terletak di berbagai pulau, mengintegrasikan sistem ketenagalistrikan nasional, dan secara efisien mengadaptasi input dari berbagai sumber EBT.

“Sistem transmisi perlu diperluas secara signifikan. PLN tidak bisa menyelesaikan tugas sulit ini sendirian. PLN perlu membangun aliansi dan memperkuat kemitraan antar anggota International Hydropower Association (IHA),” ujarnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *