Pesan Perdamaian di Pesantren Gontore di Hari Santri Nasional 2023: Okezone Edukasi

JAKARTA – Pondok Pesantren Gontor berumur 100 tahun. Dalam rangka peringatan seratus tahun Pondok Pesantren Gontor memberikan kontribusinya bagi dunia pendidikan di Indonesia bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2023siswa menyampaikan pesan perdamaian.

Hal itu terungkap dalam acara Tajammu’ dan Jalan Sehat yang berlangsung hari ini, Minggu (22 Oktober 2023). Acara ini akan diikuti oleh 40.000 santri dan lulusan Pondok Pesantren Gontor yang akan jalan sehat di kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran HI.

Acara ini merupakan bagian dari acara Tasyakuran HUT ke-100 Gontor yang juga diperingati untuk menjaga perdamaian dan persatuan Indonesia. Prof mengomentari topik ini. dr. KH Hamid Fahmy Zarkasyi selaku ketua panitia peringatan 100 tahun Gontor menjelaskan, Tajammu sendiri artinya berkumpul yang artinya dengan perkumpulan akan tercipta perdamaian.

“Ini sebenarnya bahasa gontor tajammuk yang artinya berkumpul, kalau berkumpul kita damai,” kata dr. KH Hamid Fahmy Zarkasyi di Tugu Monas, Minggu (22 Oktober 2023).

BACA JUGA:

Slogan dan tema menjaga perdamaian dan persatuan Indonesia dipilih karena Pondok Pesantren Gontor meyakini suasana damai akan memudahkan jalan ke depan dan pembangunan.

“Apalagi hari ini kita ingin memberikan petunjuk kepada bangsa ini bahwa kita perlu hidup damai. Dengan perdamaian ini kita bisa melakukan banyak pembangunan, pembangunan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Memasuki abad kedua berdirinya Pondok Pesantren Gontor, Prof. dr. KH Hamid Fahmy Zarkasyi berharap selalu ada kerjasama dengan pihak manapun, karena kerjasama akan membawa perubahan besar dibandingkan meneruskan persaingan. “Kita harus bekerja sama memasuki abad kedua, karena ini adalah era kerja sama, bukan kompetisi,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


(Berbaris)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *