Persyaratan Siswa SMK untuk Memilih Sarjana Kedokteran: Okezone Edukasi

JAKARTA – Persyaratan siswa sekolah Menengah Kejuruan Kemungkinan untuk memilih gelar sarjana kedokteran menarik untuk dicermati. Lulusan SMK bisa kuliah kedokteran lho, cek persyaratannya!

Tidak hanya bagi siswa SMA atau magister dengan jurusan IPA, lulusan sekolah profesi kini mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar dan memperoleh gelar Sarjana Kedokteran. Aturan yang dikutip berbagai sumber, Rabu (4/10/2023) ini ditetapkan untuk penerimaan mahasiswa baru mulai tahun 2023.

Sejak sistem diubah menjadi Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPMB), siswa yang telah tamat SMA dan sederajat bebas memilih jurusan universitas sesuai minat dan bakatnya, tanpa terikat dengan jurusannya masing-masing. Kebijakan tersebut disambut baik oleh para calon mahasiswa yang sebagian besar baru menentukan jurusan kuliah yang diinginkan ketika hendak lulus. Meski begitu, mayoritas siswa SMK yang terjun di bidang kedokteran berasal dari SMK kedokteran yang fokus pada Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, atau Gizi.

Mahasiswa fakultas kedokteran profesi dapat memasuki bidang studi kedokteran karena linier dengan ruang lingkup kedokteran, terutama bagi lulusan kedokteran yang telah menguasai dasar-dasar ilmu kesehatan. Meski tidak terbatas pada jurusan sains, pendidikan sebelumnya tetap diperhatikan.

Saat ini terdapat dua perguruan tinggi yang menerima lulusan SMK, yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Lihat persyaratan siswa SMK yang ingin masuk PTN yang baru membuka program studi kedokteran.

Persyaratan masuk jurusan kesehatan bagi lulusan sekolah profesi

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Siswa lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dalam tiga tahun terakhir (2021, 2022 dan 2023) dari sekolah terakreditasi dan mempunyai ijazah

Usia maksimal saat mendaftar adalah 22 tahun

Lulusan sekolah asing wajib memiliki ijazah setara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Calon peserta didik baru mempunyai kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran

Mampu menaati etika dan aturan mahasiswa serta memenuhi seluruh persyaratan untuk menjadi mahasiswa kedokteran UNNES.

Ikuti berita Okezone berita Google


Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Warga Negara Republik Indonesia (WNI)

Lulusan SMA/MA/SMK/BalĂ­k C tiga tahun terakhir (2021, 2022 dan 2023)

Sehat jasmani dan tidak buta warna, yang tidak mengganggu kelancaran belajar, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dan Buta Warna dari rumah sakit atau puskesmas.

BACA JUGA:

Bidang kedokteran merupakan salah satu bidang incaran calon mahasiswa baru. Prospek masa depan bidang ini diketahui cukup menjanjikan, namun ada banyak aspek yang perlu diperhatikan saat memasuki bidang medis. Pastikan Anda memilih jurusan sesuai minat dan bakat Anda.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *