Peneliti Ciptakan Kulit Buatan, Solusi Bekas Luka Bakar: Okezone Education

JAKARTA – Para peneliti telah membuat terobosan dalam menciptakan kulit buatan. Caranya adalah dengan menggunakan printer 3D. Terobosan ini dapat membantu orang pulih sepenuhnya Terbakar dengan serius.

Dibandingkan dengan kulit buatan yang diproduksi dengan teknologi lain, kulit bioprinting diharapkan memiliki sifat yang mirip dengan kulit asli. Sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan luka seperti sebelumnya.

Gizmodo melaporkan Jumat (10/06/2023) Dalam percobaan dengan tikus dan babi, para peneliti menemukan bahwa kulit yang mereka hasilkan jauh lebih memuaskan, dengan jaringan parut yang lebih sedikit dari biasanya. Hasilnya juga berbeda dengan cangkok kulit, yaitu memindahkan kulit utuh dari lokasi lain ke lokasi cedera, dimana dengan metode ini tampilan alami kulit asli dan cangkok biasanya akan berbeda.

Para peneliti di Wake Forest Institute for Regenerative Medicine percaya bahwa mereka mungkin dapat menggunakan teknik pencetakan 3D untuk menciptakan struktur mirip jaringan yang lebih alami. Dijelaskan bahwa bioprinting menggunakan kombinasi sel hidup, nutrisi dan bahan biologis lainnya untuk mereplikasi jaringan. Dalam kasus ini, tim mampu melakukan bioprint pada kulit menggunakan keenam jenis sel kulit utama.

BACA JUGA:

Dicampur dengan hidrogel khusus yang berfungsi sebagai bio-tinta. Campuran yang dihasilkan tampak seperti kulit manusia dengan ketebalan penuh, lengkap dengan ketiga lapisan kulit yang kompleks. Melalui uji coba pada hewan, kulit bioprint telah berhasil mendorong pertumbuhan pesat pembuluh darah baru dan jaringan yang tampak lebih sehat dibandingkan dengan metode transplantasi kulit.

“Penyembuhan kulit yang kompleks merupakan tantangan klinis signifikan yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia dengan pilihan terbatas,” kata Anthony Atala, direktur Wake Forest Institute for Regenerative Medicine.

Ikuti berita Okezone berita Google


Eksperimen di laboratorium dan pada hewan hanyalah langkah pertama untuk menunjukkan bahwa pengobatan atau obat potensial bekerja sebagaimana mestinya. Kami berharap penelitian pada manusia dapat dilakukan dengan sempurna.

BACA JUGA:

“Hasil ini menunjukkan bahwa menciptakan kulit manusia yang direkayasa secara biologis dengan ketebalan penuh adalah mungkin dan mempercepat penyembuhan serta hasil yang lebih alami,” katanya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *