Pemuda Pengangguran Mau Masuk ke Rumah Kepala Desa, Nyaris Dihajar Massa: Okezone News

DADU BAWANG – Polsek Tekab 308 Presisi Tulang Bawang, Polda Lampung bersama Polsek Dente Teladas segera mengevakuasi pelaku percobaan kejahatan tersebut. pencurian dengan timbangan (curat) di rumah salah satu kepala desa (Kakam) dan hampir menjadi sasaran hiruk pikuk massa.

Pelaku yang dievakuasi adalah pria berinisial JR (26), pengangguran, warga Desa Gedung Meneng, Kecamatan Gedung Meneng, Kabupaten Tulang Bawang.




“Pada hari Sabtu (21/10/2023) sekitar pukul 14.00 WIB, petugas kepolisian kami mendapat informasi ada pelaku yang ditangkap warga karena hendak mencuri di rumah Kakam Bakung Udik, kawasan Gedung Meneng,” kata Plt. Kasat Reskrim Ipda Sobrun mewakili Kapolsek Tulang Bawang AKBP Jibrael Bata Awi, Senin (23/10/2023).

BACA JUGA:

Lanjut Sobrun, setelah mendapat informasi tersebut, saya langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) bersama Tekab 308 Polres dan Polsek Dente Teladas. Sesampainya di lokasi kejadian, diketahui massa sudah berkumpul dalam jumlah besar dan pelaku masih ditahan di dalam rumah Kakama.

“Setelah kami memberikan instruksi dan memediasi kepada massa, massa yang berkumpul akhirnya paham sehingga memberikan kesempatan kepada polisi untuk membawa pelaku keluar dari lokasi kejadian untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Mapolsek Tulang Bawang,” jelas petugas bersama bantalan kuning di bahunya.

BACA JUGA:

Sobrun menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan intensif oleh petugas kami, pelaku tersebut ditetapkan merupakan pelaku berulang kali sebanyak dua kali. Pertama, pada tahun 2017, ia kembali menjadi pelaku kasus narkoba dan menjalani hukuman di Lapas Way Hui Bandar Lampung. Kedua, pada tahun 2022, ia kembali menjadi pelaku kasus kecurangan Tulang Bawang Barat dan menjalani hukuman di Rutan Menggala II.

Pelaku ini juga terlibat kasus pencurian sepeda motor (curanmor) pada Selasa (7/10/2023). Sepeda motor yang dicuri pelaku yakni Honda Beat Streat ditemukan di TKP di Desa Bakung Rahayu, Gedung Meneng Kecamatan dan resmi dilaporkan ke Polsek Dente “Kejadiannya Selasa (10/10/2023) lalu,” jelas petugas yang melengkapi SIP dosis 50 itu.

Ikuti berita Okezone berita Google


Ipda Sobrun menambahkan, barang bukti (BB) yang disita petugas kepolisian dari tangan pelaku berupa tas berwarna coklat, palu, obeng, pisau, gantungan kunci sepeda motor, dan gantungan kunci. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku kini ditahan di Mapolres Tulang Bawang dan akan dikenakan pasal dua lapis.

“Untuk kasus pembobolan, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian berat, diancam dengan pidana penjara dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun, sedangkan dalam kasus percobaan penipuan di rumah Kakama, Pasal 363 KUHP KUHP berlaku juncto § 53 KUHP diancam dengan pidana penjara dengan pidana penjara paling lama 4 tahun 7 bulan,” imbuhnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *