Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Masuk RUU EBT: Perekonomian Laut

JAKARTA – Aturan keselamatan dan keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir (ADALAH) dalam RUU Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Asal tahu saja, sebenarnya Republik Indonesia sudah mempunyai UU No. 10 Tahun 19997 tentang tenaga nuklir yang mengatur pemanfaatan tenaga nuklir dalam industri kesehatan, meningkatkan produktivitas pangan (industri) dan listrik (energi).

Namun Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyatakan aturan tersebut tidak terkait dengan energi nuklir.

“Tapi UU Ketenaganukliran fungsinya banyak, ada yang untuk kepentingan medis, ada juga yang untuk meningkatkan produktivitas pangan,” kata Dadan dalam rapat di Kementerian ESDM di Jakarta, Senin (23/10/2023).

Dadan mengungkapkan, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) juga sudah menyiapkan langkah-langkah pemeriksaan dan evaluasi.

Tapi kalau soal energi pasti nanti ke ESDM ya, ke izin ketenagalistrikan. Ada persyaratan yang harus dipenuhi, ada tenggat waktunya, ada yang akan kita pastikan, lanjutnya.

Asal tahu saja, ada beberapa perusahaan yang mulai menjajaki pengembangan PLTN untuk bidang energi, namun Dadan mengungkapkan hingga saat ini Thorcon belum mengajukan izin pembangunan PLTN.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sebagai informasi, salah satu yang ingin membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Indonesia pada tahun 2030 adalah perusahaan pembangkit listrik swasta asal Amerika Serikat (AS), yakni PT ThorCon Power Indonesia.

“Belum, belum. Sejak saya di EBTKE belum pernah transfer seperti ini kan. Bedanya ajukan izin dan ajukan rencana ya,” ujarnya dalam pertemuan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Senin (23 Oktober 2023).

Dadan pun menilai tidak masalah jika Thorcon berencana membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia. Namun menurutnya, hal tersebut tentunya harus melalui proses perizinan dan peraturan yang berlaku di Kementerian ESDM.

“Kalau rencana, semua boleh ngomong, boleh ngomong. Kalau ada izin, beda proses, ada persyaratan yang harus dipenuhi, ada jadwalnya, ada yang akan kita pastikan. Kalau tidak seperti itu,” dia berkata.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *