KSAD ke Prajurit: Kalau Mau Ikut Politik Praktis Tinggalkan TNI! : Samudera Nasional

JAKARTA – Kepala Staf Umum (KSAD) TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan kepada seluruh prajuritnya untuk tidak terlibat dalam politik praktis. TNI, kata Agus, harus netral dan tidak memihak terhadap pasangan calon mana pun.

“Kita berada dalam koridor UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 yang tidak boleh melakukan politik praktis,” kata Agus saat ditemui usai memimpin tantangan aparat keamanan menjelang pemilu di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8 November). 2023). ).




BACA JUGA:

Lebih lanjut, Agus Subiyanto juga mempersilakan prajuritnya keluar dari TNI jika ingin terjun ke politik praktis. Jika tidak, Agus tak segan-segan memberikan sanksi disiplin.

“Sama seperti UU Pemilu 2017, kalau kita mau terjun ke politik praktis, kita harus keluar dari TNI. Jadi kalau melanggar UU ini, kita akan dituntut,” ujarnya.

BACA JUGA:

Atau dari tindakan disiplin pimpinan dan seluruh jajaran TNI, saya umumkan kita akan patuh pada undang-undang ini, lanjutnya.

Di sisi lain, Agus mengungkapkan pihaknya telah mengamankan dan mensukseskan pemilu 2024. Bahkan, kata Agus, TNI telah mengerahkan sekitar 115.000 personel untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) di Indonesia.

“Kalau TNI AD totalnya 115.000. Tadi di Kodam sudah dijelaskan di Kodam ada 8.000, ada 10.000, disesuaikan dengan jumlah TPS di daerah itu,” kata Agus.

Ikuti berita Okezone berita Google


Agus mengatakan, masing-masing Kodam dan Kodam memiliki rencana darurat dengan titik rawan yang akan direncanakan setelah pemilu.

BACA JUGA:

“Jadi sebelum pemilu, saat pemilu, dan setelah pemilu, kita rencanakan. Dan masing-masing Kodam juga punya klasifikasi untuk memetakan kerentanannya, biasanya jika kita mempertimbangkan apakah kerentanan itu wajar atau tidak wajar,” ujarnya.

“Bencana alam, bencana non alam, konflik sosial, sudah kita petakan di masing-masing Kodama. Kita siap mengamankan pemilu satu atau dua putaran,” sambungnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *