KPK Minta Saksi Kasus Dugaan Korupsi Kementerian Pertanian Minta Kerjasama! : Samudera Nasional

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memperingatkan empat orang saksi kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang tidak hadir saat dipanggil ke Gedung Merah Putih KPK di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2021) lalu. 2023). Empat di antaranya menjadi saksi dugaan kasus pemerasan, gratifikasi, dan pencucian uang (TPPU) di Kementerian Pertanian.

Ketua Badan Intelijen Komisi Pemberantasan Korupsi Ali Fikri mengatakan, empat orang saksi yang tidak hadir diimbau kooperatif dalam mengungkap kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.




Tiga dari empat saksi yang tidak hadir tanpa konfirmasi adalah Asisten Menteri Pertanian RI; Panji Harjanto, pegawai Kantor Umum Kementerian Pertanian RI; M. Yunus dan Sekjen Kementerian Pertanian periode 2019-2021; Momon Rusmono.

“Kami ingatkan kepada para saksi untuk kooperatif dan hadir pada pemanggilan selanjutnya karena itu merupakan kewajiban hukum,” kata Ali dalam keterangan persnya, Rabu (10/11/2023).

Kemudian Ali mengatakan, saksi lain yang tidak hadir yakni dokter penyakit dalam Alexander Randy Angianto juga tidak hadir pada acara pemeriksaan kemarin.

“Saksi tidak hadir, namun dia membenarkan meminta penundaan tanggalnya, yang akan kami informasikan pada kesempatan berikutnya,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sekadar informasi, KPK mengakui salah satu aspek dugaan korupsi yang diusut di Kementerian Pertanian (Kementan) adalah terkait indikasi jual beli jabatan. Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki informasi mengenai dugaan penyalahgunaan wewenang dalam pengisian jabatan kepegawaian di Kementerian Pertanian.

Benar, salah satu aspek perkara yang sedang didalami penyidik ​​KPK adalah terkait verifikasi laporan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian, khususnya terkait praktik penempatan pegawai, imbuhnya. kata Ali Fikri melalui pesan singkat, Rabu (21 Juni 2023).

Dugaan korupsi disebut melibatkan nama Menteri Pertanian (Mentana) Syahrul Yasin Limpa (SYL). Sayangnya, KPK masih enggan membeberkan apa saja dugaan korupsi di Kementerian Pertanian yang mereka usut.

Saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mendengarkan puluhan halaman pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Pertanian. KPK juga memperoleh informasi dari Menteri Syahrul Yasin Limpo. KPK akan menganalisis informasi dari Menteri Pertanian dan pihak lain.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *