Konsumsi kopi dan rokok berbahaya bagi kesehatan, bisa menyebabkan pembekuan darah: Okezone health

CANGKIR Kopi dengan sebatang rokok bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Namun tahukah Anda kalau kebiasaan ini ternyata berbahaya bagi kesehatan Anda?

Ya, kombinasi kopi dan merokok memiliki efek berlawanan bagi kesehatan.

“Salah satunya adalah risiko penggumpalan darah,” tulis dokter spesialis penyakit dalam, subspesialis hematologi dan onkologi prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD dalam cuitannya di Twitter atau X @profesorzubairi, Senin (16/10/2023).

Prof. Zubairi menjelaskan, kopi sebenarnya tidak menyebabkan darah mengental. Bahkan, risiko penggumpalan darah, stroke, serangan jantung akan berkurang.

kopi dan rokok

“Saat ini, merokok justru sebaliknya. Pembekuan darah berisiko karena rokok dapat mengubah permukaan trombosit darah dan merusak lapisan dinding pembuluh darah,” ujarnya.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini menambahkan, terjadinya penggumpalan darah juga berisiko menimbulkan komplikasi, baik stroke maupun saluran pernafasan.

Kondisi ini juga memungkinkan berkurangnya resistensi di sekitar saluran pernafasan. Sehingga lebih mudah tertular penyakit infeksi pernafasan seperti TBC dan penyakit pernafasan lainnya, ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Profesor Zubairi menyarankan untuk menghindari merokok sambil minum kopi, karena kombinasi kafein kopi dan nikotin rokok dapat mempercepat jantung dan sangat berbahaya.

“Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi kopi dan rokok dapat meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi kopi dan rokok secara bersamaan. Berhenti merokok, minumlah kopi. Enak, tapi juga memperpanjang umur. ,” kata Prof Zubairi.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *