Kisah Sandy Walsh yang Hampir Membela Timnas Irlandia dan Akhirnya Memilih Timnas Indonesia Atas Wasiat Kakeknya: Okezone Bola

CERITA Sandy Walsh yang hampir bermain untuk timnas Irlandia dan akhirnya memilih Timnas Indonesia karena wasiat sang kakek akan dipertimbangkan Zona Samudera. Bek kanan KV Mechelen ini lahir pada 14 Maret 1995, 28 tahun lalu di Brussels, Belgia.

Meski lahir di Belgia, Sandy Walsh pernah berstatus warga negara Belanda. Bahkan, pemain yang juga bisa berposisi sebagai gelandang bertahan ini pernah bermain untuk timnas Belanda pada kelompok umur U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-20.

Ayah Sandy Walsh merupakan keturunan Irlandia, sedangkan ibunya lahir dari orang tua (kakek dan nenek) asal Indonesia. Akhirnya Sandy Walsh dan Jordi Amat memutuskan untuk berganti kewarganegaraan dan resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Kepastian ini usai Sandy Walsh dan Jordi Amat mengucapkan sumpah kewarganegaraan Indonesia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI pada Kamis (17/11/2022). Setelah menerima paspor Indonesia, Sandy Walsh sangat senang dan bangga.

Sandy Walsh

“Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang ada di sini. Ini adalah hari istimewa bagi saya, bagi keluarga saya, bagi kakek-nenek saya. Mereka pasti sangat bangga kepada saya. Ini momen yang membanggakan,” kata Sandy Walsh. dari situs resmi PSSI.

Sebelum memutuskan menjadi WNI, Sandy Walsh mengaku sempat nyaris membela timnas Irlandia karena mendapat panggilan dari Asosiasi Sepak Bola Irlandia. Namun pemain berusia 28 tahun itu lebih memilih membela timnas Indonesia karena mengingat wasiat kakek dan neneknya yang berdomisili di Surabaya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sebenarnya kalau soal timnas ada dua opsi, Irlandia dan Indonesia. Tapi saya harus memilih salah satu dari dua opsi itu, kata Sandy Walsh seperti dikutip dari kanal YouTube resmi Sport77.

Akhirnya saya teringat pesan dari kakek dan nenek saya yang tinggal di Surabaya dan mereka berdua berpesan agar saya membela timnas Indonesia jika Belanda tidak dipilih, tambahnya.

Hingga saat ini, Sandy Walsh sudah mencatatkan 3 kali starter untuk timnas Indonesia dan dua assist sejak debutnya pada 8 September 2023. Ia mengaku selalu teringat akan wasiat kakek dan neneknya saat tampil membela timnas Indonesia.

Sandy Walsh

“Sekarang aku telah menepati janjiku padanya. Dan setiap kali saya mendapat kesempatan untuk menunjukkan diri, saya selalu mengingat momen-momen bersama mereka,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *