Kisah Heroik Keberuntungan Surapati Menjadi Budak VOC Belanda: National Okezone

JAKARTA– Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui kisah heroik tersebut Untungnya Surapati dia adalah seorang budak VOC Belanda hingga akhirnya dia menjadi seorang pendekar yang kuat. Pasalnya pendekar keturunan Raja Udayan ini menginspirasi banyak orang terkait aksi dan perjuangannya melawan penjajah Belanda dari Indonesia.

BACA JUGA:



Namun sebelumnya diketahui bahwa pahlawan ini merupakan budak VOC pada masa penjajahan Belanda saat ia masih kecil. Tepat pada usia 7 tahun, Untung dijual oleh Kapten Van Berber dari Makassar kepada Kapten Moor untuk dijadikan budak selama 13 tahun.

Di usianya yang ke-20, Untung jatuh cinta bahkan diam-diam menjalin asmara dengan putri majikannya, Edele Heer Moor, Suzzane. Lalu tak lama kemudian, hubungan dekat itu diketahui dan Untung dipenjarakan oleh Moor.

Namun saat dipenjara, Untung Surapati punya strategi cerdik untuk keluar dari penjara dan akhirnya berhasil. Kemudian Untung Surapati bekerja sama dengan 60 orang budaknya untuk melawan pasukan VOC. Dalam pertempuran tersebut, VOC melancarkan serangan hujan timah yang menewaskan seluruh pasukan Untung Suropati, hanya menyisakan dirinya saja.


Ikuti berita Okezone berita Google


Ia diketahui selamat karena berlindung di hutan yang sangat lebat. Di dalam hutan, Untung Suropati bertemu dengan beberapa orang dari berbagai daerah seperti Bugis, Makassar, Ambon, dan Melayu.

Kekuatan penuh pasukan Untung Suropati terbukti tidak mampu menembus pertahanan VOC sehingga ia melarikan diri lagi ke hutan-hutan di wilayah Cianjur dan Cirebon. Di sini, Untung Suropati meminta perlindungan kepada Kesultanan Cirebon yang diperintah oleh Sultan Anom Abil Makarimi Muhammad Badarudin. Namun usahanya ditentang oleh anak angkatnya, Pangeran Surapati, sehingga terjadilah pertempuran besar.

Akhirnya Sultan Cirebon mendengar perselisihan tersebut dan mengirimkan prajuritnya untuk membunuh anak angkatnya karena merasa sombong dan terbukti bersalah. Sejak itulah Kesultanan Cirebon melekatkan nama Surapati pada Untung hingga dikenal dengan nama Untung Surapati*

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *