Kementerian Luar Negeri: 4 WNI berhasil dievakuasi dari wilayah Israel ke Yordania: National Ocean

JAKARTA – Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengatakan, pihaknya berhasil mengevakuasi 4 warga negara Indonesia (WNI) dari beberapa lokasi di Israel ke Yordania. Evakuasi ini berhasil dilakukan dengan koordinasi intensif oleh Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Amman.

Empat WNI kini aman di wilayah Yordania setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam melalui perlintasan perbatasan Sungai Yordan/Syeikh Hussein, kata Judha dalam keterangannya, Jumat (13/10/2023).




Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI terus berupaya mengevakuasi 10 WNI yang masih berada di Gaza, Palestina. Kementerian Luar Negeri bersama pejabat Indonesia masih berupaya mengevakuasi 10 WNI di Gaza, ujarnya.

Sebelumnya, empat WNI berada di Tel Aviv dan dievakuasi ke Yordania. Setelah sekitar 2 jam evakuasi darat, mereka sampai di perbatasan Yordania/Sheikh Hussein.

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Indonesia menyebutkan 143 WNI berada di zona konflik Israel-Palestina. Dari jumlah tersebut, 10 orang berada di Jalur Gaza dan 133 WNI lainnya di Tepi Barat dan Sapi.

Dari 133, hanya 4 WNI yang mau dievakuasi. Namun berdasarkan informasi terakhir, hanya 4 dari 133 yang ingin meninggalkan kawasan tersebut karena merasa aman, ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Setelahnya, Kementerian Luar Negeri menyebut Judha mengaku masih gagal mengevakuasi 10 WNI yang tinggal di Gaza. Sebab mereka berada di daerah rawan dan masih terus dibom oleh negara Israel.

“Saat kami melakukan zoom meeting dengan WNI kita, dua situasi paling serius saat ini ada di Gaza. WNI kita di sana ada 10 orang. Sampai saat ini, Israel terus membom Gaza, itu yang paling sulit dilakukan, “ucap Judha.

Lebih lanjut dia menyatakan, proses evakuasi mengutamakan keselamatan. Oleh karena itu, keamanan jalur evakuasi perlu dipastikan terlebih dahulu.

“Tidak mungkin kami merelokasi WNI di tengah pertempuran. Jadi proses evakuasi utama di Gaza, hanya kami lakukan jika ada jalur kemanusiaan. Makanya kami terus berupaya agar WNI kami bisa melakukannya. keluar dari wilayah Gaza dengan selamat, ” katanya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *