Kebakaran Gunung Papandayan, Aktivitas Pendakian Ditutup: Berita dari Okezone

GARUT – Kegiatan pendakian di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut ditutup sementara. Penutupan terpaksa terjadi akibat kebakaran yang melanda salah satu gunung berapi di Garuta.

Kapolsek Cisurupan Iptu Asep Saepudin mengatakan, kebakaran di Gunung Papandayan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Menurut dia, api masih terlihat di Gunung Papandayan.




“Titik terbakar cukup jelas terlihat dari perkampungan warga sekitar Gunung Papandayan. Keadaan api masih terlihat cukup besar, bersama TNI dari Koramil Cisurupan kami akan berupaya memadamkannya, kata Iptu Asep Saepudin, Minggu (22 Oktober 2023).

Dia menjelaskan, lokasi kebakaran diketahui berada di blok Tegal Alun. Kawasan ini masih berada dalam kawasan Gunung Papandayan yang menjadi tujuan rutin pendakian.

“Lokasi titik api cukup jauh di tengah gunung,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Karena itu, pihaknya mengaku petugas mengalami kendala dalam pelaksanaan pemadaman tersebut. “Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar api tidak meluas ke lokasi lain,” ujarnya.

Lanjutnya, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Penyebab terjadinya kebakaran adalah faktor alam berupa kemarau panjang, selain itu juga disebabkan oleh ulah manusia.

“Kami khawatir api ini akan menjalar ke tempat lain yang biasa dilalui pendaki sehingga perlu dilakukan penutupan sementara aktivitas pendakian. “Bersama aparat TNI dan pihak lainnya, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memadamkan api,” kata Kapolsek Cisurupan.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *