Kampus terkenal di Indonesia yang berganti nama: Okezone Edukasi

JAKARTA kampus Menariknya mengetahui ada sosok ternama di Indonesia yang berganti nama. Hal itu tentu perlu dilakukan karena perkembangan zaman atau pergantian kepemimpinan saat ini.

Kabar dari berbagai sumber, pada Jumat (20/10/2023), beberapa kampus ini berganti nama! Ingin tahu apa itu dan apa namanya sebelum berubah menjadi apa yang kita ketahui? Ini daftarnya.

BACA JUGA:

Kampus terkenal di Indonesia yang berganti nama

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Seperti yang kita ketahui nama IPB yang terletak di kota Bogor, ternyata belakangan nama Universitas tersebut akhirnya ditambah menjadi Institut Pertanian Universitas Bogor. IPB mulai berkembang dan jumlah program studi yang ditawarkan mulai bertambah

Terlepas dari alasan tersebut, IPB rupanya mempunyai banyak julukan ketika menerbitkan jurnal, seperti Institut Pertanian Bogor, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Pertanian Bogor. Ini pula yang menjadi alasan kedua penyeragaman nama saat menerbitkan majalahnya.

2. Universitas Sebelas Maret

Universitas ini berlokasi di Solo dan mempunyai singkatan resmi UNS. Dulunya kampus ini bernama Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, nama ini sudah ada sejak tahun 1976. Perubahan ini terjadi karena sebelumnya terdapat penggabungan 8 perguruan tinggi dan namanya saat itu adalah Universitas Gabungan Surakarta (UGS) pada tahun 1975. Setahun kemudian , kemudian berganti nama menjadi Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret dengan alasan peralihan status dari swasta menjadi negeri. Akhirnya nama tersebut diresmikan menjadi Universitas Sebelas Maret berdasarkan Keputusan Presiden No. 55 Tahun 1982.

3. Universitas Trilogi

Berlokasi di Kalibata, Jakarta, universitas ini berdiri sejak tahun 1988 dengan nama Sekolah Tinggi Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Indonesia (STEKPI) di bawah Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia di Jakarta (YPPIJ). Namun pada tahun 2001, STEKPI melakukan kerjasama antara ITP dan IPB, sehingga kerjasama tersebut menghasilkan perubahan nama menjadi Universitas Trilogi.

Ikuti berita Okezone berita Google


4. Universitas Esa Unggul

Universitas ini merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri pada tahun 1993 dengan nama Universitas Indonusa Esa Unggul. Namun pada tahun 2014, nama kampus tersebut diubah dengan menghilangkan kata indonusa setelah kata universitas. Sehingga menjadi Universitas Esa Unggul

BACA JUGA:

5. Universitas Negeri Jakarta (dan beberapa daerah lainnya)

Perguruan tinggi negeri yang sudah lama berdiri ini rupanya sudah berganti nama sejak tahun 1950. Dulunya hanya berfungsi sebagai BI, B-II dan Pelatihan Guru Sekolah Dasar (PGSLP) untuk melatih calon guru sekolah. Mata kuliah BI dan B-II diintegrasikan ke dalam FKIP Universitas Indonesia dan kembali diintegrasikan dengan IPG Jakarta menjadi Lembaga Belajar Mengajar Jakarta pada tahun 1964.

Terhitung tanggal 4 Agustus 1999, nama IKIP Jakarta diubah menjadi Universitas Negeri Jakarta berdasarkan ketentuan Keputusan Presiden 093/1999. Dalam dokumen yang sama, IKIP di daerah selain Yogyakarta, Surabaya, Malang, Ujung Pandang (Makassar), dan Padang berganti nama menjadi Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, dan Universitas Negeri Padang.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *