Kabut tebal di pantai selatan DIY, penerbangan YIA tertunda, nelayan enggan melaut: Okezone News

GUNUNGKIDUL – Kabut tebal menyelimuti wilayah pesisir selatan DIY mulai dari Kulonprogo hingga Gunungkidul. beberapa penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) terpaksa ditunda, sementara aktivitas penangkapan ikan terhenti.

Manajer Hubungan Stakeholder YIA Ike Yutiane mengatakan, ada peringatan dini cuaca di kawasan Bandara Internasional Yogyakarta pada Jumat (6/10/2023) malam. Peringatan berlaku mulai pukul 18.11 WIB, terjadi kabut dengan jarak pandang 500 meter.




“Ini pasti berdampak pada jumlah penerbangan di YIA. Karena jarang terlihat, maka tidak aman untuk penerbangan,” ujarnya, Jumat malam.

Penerbangan yang terdampak antara lain keterlambatan keberangkatan, kedatangan, dan keharusan kembali ke bandara asal. Ada kerumunan orang di ruang tunggu bandara.

Penerbangan yang ditunda keberangkatannya adalah Pelita Air dan Batik Air. Lalu ada 3 yang terpaksa mendarat di bandara lain yakni Superjet dan 2 Lion Air

Ketiganya mendarat di Surabaya, ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sedangkan Batik Air 6372 Return To Base tujuan Cengkareng dan Trans Nusa 5536 juga kembali ke Cengkareng kembali ke bandara asal. Namun pada pukul 19.00 WIB seluruh pesawat mendarat di YIA

Sementara itu, kabut tebal juga mulai turun di Gunungkidula mulai pukul 17:15 WIB. Nelayan dari Pantai Baron tidak melaut untuk mencari ikan. Pantai Baron yang biasanya menjadi tempat pasar ikan di malam hari terpaksa sepi.

Fenomena ini terjadi setiap tahunnya. Saat musim kemarau panjang, kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah 2, Surisdiyanton.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *