Jadi Magnet Wisata, Yuk Simak Keseruan Mancing Tuna di Tanjung Lesung: Okezone Travel

TANJUNG Seluas 1.500 hektar, Lesung merupakan kota wisata alam tepi laut terbesar yang paling dekat dengan Jakarta.

Keunggulan Tanjung Lesung didasarkan pada keindahan pantai dan menawarkan sejumlah destinasi wisata alam dan aktivitas menarik. Salah satu diantara mereka tuna di pantai Lalassa yang terkenal dengan ukurannya yang besar yaitu 2-5 kilogram.

Maka untuk memajukan pariwisata di Banten dengan memadukan promosi pariwisata dan olah raga, KEK Tanjung Lesung mengadakan lomba mancing tuna dengan tema “Kompetisi Mancing Tuna”. Acara ini diikuti oleh 63 tim dengan total peserta 200 orang.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di pantai Lalassa Tanjung Lesung ini, seluruh peserta terlihat antusias mulai pukul 05.30 hingga 15.00 WIB. Hingga sore harinya, seluruh nelayan berhasil mendatangkan ikan tuna seberat 3 kilogram dan berbagai ikan non tuna yang tak kalah besarnya.

Lomba Mancing Tuna di Tanjung Lesung

(Foto: KEK Tanjung Lesung)

Acara ini juga didukung oleh berbagai pihak antara lain Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Persatuan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Federasi Olahraga Perikanan Seluruh Indonesia (Formasi).

Piter berhasil meraih Juara I Lomba Mancing Tuna dengan hasil tangkapan 10,34 kg dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp5 juta.

“(Saya) senang sekali. Kami sendiri sering mancing di Tanjung Lesung, dengan adanya lomba ini kami dukung dan apresiasi,” kata Piter dan timnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Tanjung Lesung, Widi Widiasmanto memuji sisi berbeda dari kompetisi mancing tuna tahun ini.

Lomba Mancing Tuna di Tanjung Lesung

(Foto: KEK Tanjung Lesung)

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membuat acara berjalan lancar dan antusias para nelayan juga luar biasa, kata Widi dalam siaran persnya. Zona Samudera di Jakarta, Senin 9 Oktober 2023 malam.

Widi melanjutkan, pihaknya akan berupaya mengadakan lomba mancing tuna secara rutin setiap tahunnya. Pasalnya, lomba memancing ini rupanya membawa dampak positif bagi Banten, khususnya pariwisata di Pandeglang.

“Total peserta yang berjumlah 200 orang pada acara perdana ini bukanlah jumlah yang sedikit, sehingga semakin memotivasi kami untuk berupaya menjadikan Lomba Mancing Tanjung Lesung sebagai acara tahunan,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Pertunjukan musik live menutup acara kompetisi. Usai acara, para peserta juga membawa cinderamata menarik yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebelumnya, Kemenparekraf mendukung Lomba Mancing Tuna Tahun 2023 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten, sebagai atraksi wisata.

Infografis wisata bawah laut Indonesia

Adyatama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Kepala Badan Baparekraf Nia Niscaya dalam acara Weekly Brief With Sandi Uno mengatakan, Tanjung Lesung Tuna Game Fishing Competition 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023, tepatnya pukul Pantai Lalassa yang terkenal dengan keberadaan spesies ikan tuna berukuran besar.

“Kompetisi penangkapan ikan tuna ini bertujuan untuk mengembangkan wisata bahari dan meningkatkan pertumbuhan desa wisata lokal,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *