Inilah Sosok Panglima Aceh Sakti Mandraguna yang Kebal Peluru hingga Ditabrak Tank: National Okezone

JAKARTA- Siapa panglima tertingginya? Aceh Keajaiban Mandraguna yang kebal peluru hingga dilindas tank? Dialah Abu Bakar alias Aman Dimot yang merupakan simbol keberanian dan ketangguhan.

Perbuatan heroiknya terlihat dalam perang gerilya pada tanggal 30 Juli 1949 di Tanah Karo, Sumatera Utara. Sebanyak 45 anggota kesatuan Bagura dan Mujahidin asal Aceh Tengah yang berada di bawah komando Ilyas Leube bersembunyi dan menunggu kedatangan konvoi tank dan 25 truk milik pasukan Belanda.



Berkat aksi nyatanya tersebut, ia dikenal sebagai sosok panglima Aceh sakti yang kebal peluru hingga ditabrak tank. Apalagi prajurit Bagur sudah siap menggunakan senapan kelewang dan pisau sebagai senjatanya. Aman Dimot maju ke depan menghadapi tentara Belanda dan tidak takut dengan perang terbuka.

Ilyas Leube memerintahkan anak buahnya mundur. Namun Aman Dimot dan dua rekannya, Ali Rema dan Edem, bersikeras melawan Belanda hingga penyerang berhasil dikalahkan. Mereka berpura-pura menjadi mayat.


Ikuti berita Okezone berita Google


Ketika Belanda melewati mereka, ketiganya langsung menyerang para penyerang. Banyak tentara Belanda yang tewas saat itu. Namun sayang, tak satupun rekan Aman Dimot yang bisa diselamatkan.

Aman Dimot kemudian mengejar pasukan Belanda dengan pedangnya. Belanda menghujani pejuang kelahiran 1920 itu dengan peluru.

Bahkan peluru pun tidak mampu menembus tubuh Aman Dimoto. Ia dikatakan mempunyai kekuatan mistis yang membuatnya tidak terluka oleh tembakan musuh.

Bahkan, ada cerita yang menyebutkan peluru yang ditembakkan ke arahnya hanya memantul dan peluru tidak bisa menembusnya. Imunitas Aman Dimot membuat Belanda tidak berdaya.

Aman Dimot ditangkap pasukan Marsose karena sulit dikalahkan. Mereka berhasil menembus tubuh prajurit tersebut menggunakan tank, meski akhirnya gagal.

Hingga akhirnya pasukan Mars menaruh granat di tubuh Aman Dimoto. Pejuang tersebut tewas seketika pada tanggal 30 Juli 1949 di Rajameraha, Sukaramai, Karo, Sumatera Utara. Jenazahnya kemudian dikuburkan di dekatnya.

Inilah sosok panglima sakti Aceh Mandragun yang kebal peluru hingga ditabrak tank.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *