Inilah perbedaan peran Krishna Murti dan Ferdy Sambo dalam menangani kopi sianida.Jessica Wongso: National Okezone

JAKARTA – Nama Jessica Kumala Wongso, terpidana kasus kopi sianida Siapa yang membunuh Wayan Mirna Salihina disebutkan lagi di hari-hari terakhir. Tak lepas dari film dokumenter Ice Winter: Murder, Coffee dan Jessica Wongso yang kembali mengenang kasus tersebut.

Saat kasus ini terungkap, ada dua sosok polisi yang berperan penting dalam proses penyidikan dan penyidikan. Keduanya adalah Krishna Murti dan Ferdy Sambo.

BACA JUGA:

Lalu apa perbedaan peran keduanya dalam kasus ini?

Kresna Murti

Krishna Murti merupakan jenderal bintang dua lulusan Akpol tahun 1991. Mengawali karir sebagai perwira pertama Polda Jawa Tengah. Pada tahun 2000, Kresna menjadi lulusan terbaik Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Kemudian, pada tahun 2015, karier Krishna melejit saat menjabat Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya.

Dalam pengusutan kasus kopi sianida, Krishna menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya dengan pangkat Komisaris Utama (Kombes).

BACA JUGA:

Dalam kasus ini, Krishna menetapkan Jessica sebagai tersangka. Jessica melontarkan pernyataan mengejutkan di pengadilan. Itu ada hubungannya dengan apa yang Krishan katakan padanya.

“Dia bilang, ‘Saya sudah tidak bangga lagi masuk tahanan,’ saya tidak berkata apa-apa. Lalu dia berkata, ‘Saya bingung untuk menangkapmu, tapi saya berdoa, saya harus menandatangani surat identitas tersangka Anda. .Saya mempertaruhkan posisi saya, untuk menetapkan Anda sebagai tersangka,” jelas Jessica di ruang sidang PN Jakarta Pusat, Rabu, 28 September 2016.

Ikuti berita Okezone berita Google


Krishna, sementara itu, membantah mengintimidasi Jessica selama interogasinya. Ia hanya menyelidiki Jessica dengan metode wawancara.

“Tidak ada intimidasi. Saya tidak melakukan apa yang dikatakan pengacara (Jessica),” kata Krishna.

Saat memeriksa Jessica, Krishna menggunakan metode wawancara alih-alih memaksa Jessica. Sementara itu, kuasa hukum Jessica mengatakan jika kliennya ditekan penyidik, itu hanya bagian dari strategi pembelaan kliennya.

Saat ini, Krishna Murti berpangkat Irjen dan menjabat Kepala Departemen Hubungan Internasional Polri.

Ferdy Sambo

Ferdy Sambo adalah bawahan Kresna, namun kariernya malah lebih populer dibandingkan Kresna. Tak banyak yang tahu kalau Ferdy Sambo menangani kasus kopi sianida pada 2016. Saat mengusut kasus kopi sianida, Sambo menjabat Wakil Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya dengan pangkat AKBP atau anak buah Krishna Murti.

Dalam kasus kopi sianida, Ferdy Sambo dan tim memimpin penyelidikan. Terakhir, dari serangkaian pemeriksaan, Jessica diduga mencampurkan sianida pada kopi yang diminum Mirna. Keberhasilan Ferdy Sambo dan timnya dalam menyelesaikan kasus ini membuat karier Sambo melejit.

Beberapa tahun kemudian, Sambo dipromosikan menjadi Inspektur Jenderal. Sayangnya, karier Sambo belakangan hancur karena ia mendalangi pembunuhan Brigjen Nofriansyah Yosua Hutabarat hingga berujung pemecatan tidak hormat sebagai anggota Polri.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *