Inilah Faktor-faktor yang Memicu Anak Menjadi Pelaku Bullying yang Nekat: Okezone Edukasi

JAKARTA – Kasus intimidasi atau intimidasi terhadap anak semakin marak di Indonesia. Keadaan ini diperparah dengan adanya kasus perundungan yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh anak laki-laki SMA Cilacap terhadap teman sekolahnya. Mengapa anak tega menganiaya temannya?

Ini juga merupakan fenomena yang mengkhawatirkan. Orang tua juga perlu mengambil sikap terhadap fenomena bullying yang sering terjadi.

Sementara itu, anak-anak yang menjadi pelaku bullying di sekolah atau lingkungannya biasanya punya pemicunya. Wakil Sekretaris Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Anak, Nahar mengungkapkan salah satunya terkait pola asuh orang tua yang tidak tepat pada anak.

BACA JUGA:

“Orang tua dan lingkungan rumah adalah tempat anak belajar melihat norma dan batasan. “Kalau anak tidak belajar bahwa kekerasan itu salah, maka mereka tidak akan memahaminya,” kata Nahar saat dihubungi, dikutip Sabtu (10/7/2023).

Selain itu, ada beberapa faktor lain seperti pengaruh menonton, dukungan teman sebaya dan manajemen emosi yang buruk. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang anak menjadi pelaku intimidasi.

BACA JUGA:

“Rekan sejawat yang menjadi pendukung atau bystander bisa memberikan kesan bahwa perundungan merupakan hal yang dapat diterima secara sosial,” jelasnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Larutan

Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan anak menjadi pelaku bullying. Orang tua harus sangat berhati-hati dalam memperhatikan pola pengasuhan mereka, yang bisa saja menjadi kebiasaan anak di sekolah.

BACA JUGA:

“Ajak anak dari hati ke hati untuk menanyakan perasaan anak, apa yang mendorongnya melakukan hal tersebut, apakah ada penyesalan yang dialami anak saat itu, dan apa harapan anak,” jelas Nahar.

“Lakukan pencegahan dengan membantu anak mengelola emosinya. Jika diperlukan, bisa didampingi oleh ahli/profesional,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *