Inilah Bahaya Makan Terlalu Banyak Gula Kecuali Diabetes: Okezone Health

KONSUMSI Kelebihan gula sering disebut-sebut sebagai penyebab diabetes. Namun kenyataannya, konsumsi gula Terlalu banyak juga bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer merupakan kelainan otak yang dapat memengaruhi kemampuan Anda dalam berpikir, mengingat, dan melakukan aktivitas sehari-hari.

penyakit Alzheimer

Lalu bagaimana makan terlalu banyak gula bisa menyebabkan penyakit Alzheimer?

Dikutip dari Healthline, penelitian tahun 2022 terhadap 37.689 orang menemukan adanya hubungan antara asupan gula tinggi dan peningkatan risiko penyakit Alzheimer pada wanita.

BACA JUGA:

Mereka yang mengonsumsi sekitar 10 gram (2,4 sendok teh) gula per hari memiliki peningkatan risiko terbesar. Laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu, memiliki hubungan paling kuat dengan Alzheimer di antara jenis gula yang diteliti.

Gula darah tinggi yang disebabkan oleh diabetes juga menjadi sumber faktor risiko berkembangnya penyakit Alzheimer. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan plak amiloid di otak, ciri khas penyakit Alzheimer. Meskipun para ilmuwan pernah mengira hal ini berlaku untuk sebagian besar orang lanjut usia, kini mereka menemukan bahwa risikonya mungkin muncul lebih awal.

BACA JUGA:

Sebuah studi tahun 2022 terhadap 4.932 orang menemukan bahwa hubungan antara penyakit Alzheimer, gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi dapat dimulai sejak usia 35 tahun. Para peneliti mengikuti para peserta selama beberapa dekade.

Ikuti berita Okezone berita Google


Mereka menemukan bahwa mengelola kadar kolesterol dan gula darah sejak dini dapat membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer di kemudian hari.

Para peneliti menemukan bahwa ketika kadar gula darah meningkat, individu mengalami banyak penanda penurunan kognitif di otak, terlepas dari perbedaan berat badan dan insulin.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *