Hary Tanoe menyoroti bonus demografi RI yang harus dimaksimalkan: perekonomian Okezone

JAKARTA – Diulas Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo bonus demografi Apa yang terjadi di Indonesia harus bisa memaksimalkan potensinya.

“Karena kalau kita tidak bisa mengelolanya dengan baik, yang merupakan peluang yang luar biasa sebelum kita mencapai Kemerdekaan Emas, kita juga bisa menjadi ancaman jika kita tidak bisa menciptakan lapangan kerja, tidak menciptakan kesempatan pendidikan yang cukup, dan lain sebagainya,” dia menjelaskan. pada MNC Forum LXXII (72) bertema Membangun Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas dan Memahami Makna Nasionalisme yang diselenggarakan pada Kamis (10/05/2023) di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta.

Oleh karena itu, pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini menilai pentingnya Indonesia memiliki pemimpin yang paham perekonomian.

“Di Indonesia, penting untuk memiliki pemimpin yang memahami perekonomian, karena permasalahan terbesar ke depan adalah perekonomian dan persaingan ekonomi global yang harus dihadapi,” lanjutnya.

Sebelumnya, Hary Tanoe juga mengungkapkan dua tantangan yang akan dihadapi Indonesia dalam 35 tahun ke depan. Dua tantangannya adalah bonus demografi dan kemajuan teknologi.

“Indonesia memiliki jumlah penduduk muda yang besar, diperkirakan pada tahun 2045 jumlah penduduknya akan meningkat sebesar 40 juta jiwa dibandingkan saat ini. Ditambah dengan kemajuan teknologi, hal ini dapat menjadi ancaman karena angkatan kerja dapat berkurang dan digantikan oleh teknologi,” imbuhnya. katanya beberapa waktu lalu.

Ia pesimistis Indonesia bisa mengatasi tantangan tersebut jika melihat tatanan perekonomian saat ini yang masih terdapat kesenjangan sosial. Sehingga yang terjadi adalah banyak pengangguran karena kalah bersaing dengan teknologi.

Ikuti berita Okezone berita Google


Menurut saya, dengan kondisi perekonomian saat ini, Indonesia belum bisa menghadapi kedua tantangan tersebut. Ketimpangan sosial masih terlalu tinggi, lanjutnya.

Hanya ada satu cara bagi Indonesia untuk menghadapi tantangan-tantangan ini, yaitu dengan memperbaiki kondisi kehidupan masyarakat Indonesia. Jika kesejahteraan manusia telah tercapai, maka perlu diambil peraturan agar perkembangan teknologi dapat menjadi keuntungan di masa depan.

“Indonesia harus bisa mempercepat pertumbuhan kesejahteraan. Kalau bicara akselerasi, yang bisa mempercepat adalah legislasi melalui regulasi,” jelas Hary Tanoe.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *