Hary Tanoe mengungkap dampak negatif tidak maksimalnya bonus demografi: Perekonomian Okezone

JAKARTA – Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan bonus demografi Indonesia belum bisa maksimal. Terutama mimpi emas Indonesia pada tahun 2045.

Dampak negatif yang dibicarakan Hary Tanoe adalah terkait penciptaan lapangan kerja bagi generasi muda Indonesia.

“Ini bisa menjadi ancaman antara lain jika kita gagal menciptakan lapangan kerja, menciptakan kesempatan pendidikan yang memadai dan sebagainya,” kata Hary Tanoe pada MNC Forum LXXII (72) tentang Membangun Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas dan Memahami Maknanya Nasionalisme yang digelar pada Kamis (5/10/2023) di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta.

Oleh karena itu, lanjut Hary Tanoe, para pemimpin bangsa harus mampu mengelola bonus demografi dengan baik. Pasalnya, mempunyai potensi yang sangat besar untuk maju di Indonesia.

“Sungguh suatu peristiwa yang luar biasa ketika kita mencapai Kemerdekaan Emas,” ujarnya.

Sementara itu, Hary Tanoe menjelaskan dua tantangan yang akan dihadapi Indonesia dalam 35 tahun ke depan. Dua tantangan tersebut antara lain bonus demografi dan kemajuan teknologi.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Indonesia memiliki jumlah penduduk muda yang besar, diperkirakan pada tahun 2045 jumlah penduduknya akan meningkat sebesar 40 juta jiwa dibandingkan saat ini. Ditambah dengan kemajuan teknologi, hal ini dapat menjadi ancaman karena angkatan kerja dapat berkurang dan digantikan oleh teknologi,” imbuhnya. katanya beberapa waktu lalu.

Ia juga pesimis Indonesia bisa mengatasi tantangan tersebut jika melihat tatanan perekonomian saat ini yang masih terdapat kesenjangan sosial. Sehingga yang terjadi adalah banyak pengangguran karena kalah bersaing dengan teknologi.

“Menurut saya, dengan kondisi perekonomian saat ini, Indonesia belum bisa menghadapi kedua tantangan tersebut. Ketimpangan sosial masih terlalu tinggi,” jelas Hary.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *