Hari Museum Nasional: Mengunjungi makam tentara Belanda di Taman Museum Wayang: National Okezone

JAKARTA – Bangsa Indonesia memperingati tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional. museum menjadi sarana rekreasi atau hiburan bagi masyarakat, serta untuk tujuan pendidikan dan penelitian.




Selain itu museum juga berfungsi untuk tempat penyimpanan, pemeliharaan, pengamanan, pemanfaatan dan pelestarian hasil budaya.

Bangunan museum di Indonesia juga menyimpan banyak kenangan masyarakat Indonesia terkait perjuangan para pahlawan dari penjajahan.

Saat itu, banyak sekali darah yang tertumpah ke lautan. Gedung museum menjadi saksi bisu kekejaman Belanda. Salah satunya adalah makam mantan tentara Belanda yang terletak di taman Museum Wayang.

Saat itu, pada masa penjajahan Belanda, lokasi Museum Wayang diubah menjadi gereja pada tahun 1712 dan menjadi tempat ibadah para penjajah dan wisatawan yang berjalan-jalan di Jakarta.

Ikuti berita Okezone berita Google


Namun dibalik tempat suci ini terdapat makam para jenderal dan tentara Belanda yang kalah perang saat itu. Dan disinilah kenangan perang terasa.

BACA JUGA:

“Dulu gedung ini digunakan sebagai gereja, sekarang kalau dilihat ke belakang ada taman yang digunakan untuk melayani tentara dan jenderal Belanda,” jelas Irfan pemandu Okezone di Museum Wayang.

BACA JUGA:

Kemudian seiring berjalannya waktu dan bergantinya kedudukan gubernur di Jakarta, makam tersebut dibungkus dalam taman yang dikelilingi ukiran dinding bergaya Belanda.

“Sejak Gubernur Ali Sadikin menjabat, gedung ini dijadikan museum dan kuburan dijadikan taman. Tulang-tulang prajurit dikirim ke Museum Prasasti,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *