Hari ketiga kebakaran TPA Rawa Cat, alat berat dikerahkan untuk mengeruk sisa bara api: Okezone Megapolitan

TANGERANG – Kondisi fasilitas TPA Rawa Cat pada Minggu (22/10/2023) masih dipenuhi asap tebal pasca terjadinya kebakaran pada Jumat 20 Oktober 2023. Namun, area kebakaran diketahui sudah terkendali, hanya menyisakan area yang mengeluarkan asap. Petugas yang dikerahkan saat ini sedang berkonsentrasi pada upaya pendinginan lokasi dengan mengeruk tumpukan puing menggunakan alat berat dan menyemprotkan air.

Kepala BPBD Tangerang Maryono Hasan mengatakan, seluruh personel saat ini masih berupaya mempercepat proses pemadaman lebih maksimal, hingga tumpukan sampah.



“Pekan ini, api sudah tidak terlihat lagi di permukaan tumpukan sampah TPA. Namun asap yang keluar masih cukup banyak, sehingga ada indikasi potensi kebakaran di tumpukan sampah masih ada. Itu yang gencar coba kita tangkap, mudah-mudahan cuaca hari ini mendukung,” kata Maryono.

Ia juga menjelaskan, kekuatan pasukan saat ini masih 534 orang yang dikerahkan secara rutin. Sedangkan kendala penanganannya adalah luas lahan, medan atau pondasi yang mudah runtuh, dan asap yang mengepul.

Namun seluruh petugas akan berusaha semaksimal mungkin, untuk hari ketiga ini kita semua optimistis akan ada kemajuan yang berarti dalam pengobatannya, jelasnya.

Sementara itu, Direktur DPUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono mengungkapkan, DPUPR Kota Tangerang telah mengerahkan lebih dari 15 alat berat dan ratusan petugas dengan alat pengerukan.

Syaratnya, api masih muncul karena masih terdapat gas metana di dalam sampah. DPUPR Kota Tangerang mengerahkan sekitar 15 unit alat berat untuk ikut berjuang mengeruk sampah dengan harapan gas metana juga bisa keluar, kata dia. Ruta.

Ia juga menjelaskan, hal tersebut dikarenakan lahan hangus atau tumpukan sampah yang cukup luas. Oleh karena itu, DPUPR Kota Tangerang pun menerjunkan ratusan petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) Irigasi untuk menghadiri timbunan sampah atau penggalian sampah di kawasan pinggiran kota.

“Dalam hal ini seluruh anggota OP DPUPR membuang sampah pada ruang pinggir properti. Diharapkan gas metana yang terkandung dalam tumpukan sampah juga ikut keluar,” jelasnya.

Sekadar informasi, sebanyak 450 personel gabungan dikerahkan untuk menangani kebakaran TPA Rawa Cat. Sejauh ini seluruh aparat kepolisian bersiaga dan menyemprotkan air ke lokasi kebakaran. Mereka menyebar di berbagai tempat untuk menyemprotkan air dari atas dan menyuntikkan air dari bawah tumpukan sampah yang terbakar.


Ikuti berita Okezone berita Google


(Ha)

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *