Harga Beras dan Gula Naik, Pedagang-Pembeli Teriak: Ekonomi Okezone

MALANG – Dua komoditas makanan di Kota Malang mengalami peningkatan. Kenaikan komoditas pangan, beras dan gula, bahkan terjadi dalam sebulan terakhir.

Misalnya saja di Pasar Bunulrejo Malang, harga komoditas pangan, beras dan gula pasir, mengalami kenaikan dalam sebulan terakhir.

BACA JUGA:

Hal itu dikeluhkan para pedagang dan pembeli yang bertransaksi di Pasar Bunulrejo Kota Malang saat dilakukan sidak oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Malang.

Kusnan, salah satu pedagang di Pasar Bunulrejo Malang, mengatakan kenaikan harga beras diakui sudah mulai terlihat dalam sebulan terakhir. Kenaikan harga beras bahkan mencapai Rp5.000-10.000 dari harga sebelumnya menjadi Rp14.000-15.000 per kilogram.

BACA JUGA:

Kenaikannya sebulan terakhir, kenaikannya pelan-pelan ratusan rupee, tapi masih naik. Lima kilo itu Rp 72.000 sampai 75.000, sebelumnya Rp 65.000 sampai 70.000,- kata seorang pedagang bernama Kusnan mdi Bunulrejo. Pasar Kota Malang, Kamis pagi (11/2/2023).

Ikuti berita Okezone berita Google


Kusnan menambahkan, pihaknya tidak menjual beras subsidi pemerintah melalui Program Stabilitas Harga Pangan (SPHP) yang dijual melalui Bulog Distribusi, karena pembelinya sedikit. Menurut dia, kualitas SPHP beras program pemerintah disebut kurang baik.

“Kalau SPHP saya tidak jual, banyak yang tidak suka kualitasnya,” ujarnya.

Kusnan mengatakan, kenaikan juga terjadi pada komoditas gula pasir, dimana kenaikan gila-gilaan ini meningkat cukup signifikan hingga mencapai 2 ribu. Rp.

Kusnan mengatakan, kenaikan tersebut terjadi pada pekan lalu yang menyebabkan berkurangnya pendapatan karena menurunnya pembeli.

“Kenaikannya satu minggu. Sekarang Rp 16.000 per kilo. (Ada dampaknya), ya dampaknya yang beli berkurang,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *