Gunung Dukono di Halmahera Utara meletus dan memuntahkan abu hingga 1 km dari puncak: National Okezone

JAKARTA Gunung Dukono yang terletak di Halmahera Utara, Maluku Utara, mengalami erupsi pada pagi hari ini, Kamis (11/09/2023) pukul 06:42 WIT. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan ketinggian letusan mencapai 1.000 meter di atas puncak.

Letusan Gunung Dukono terjadi pada Kamis 9 November 2023 pukul 06:42 WIB. Ketinggian kolom letusan terpantau ± 1.000 m di atas puncak (± 2.087 m dpl), kata pejabat pemantau gunung api Sarjan Roboke dalam keterangan resminya.




Sarjan melaporkan kolom abu berwarna putih hingga abu-abu dengan intensitas kuat ke arah timur. Letusan masih berlangsung saat laporan ini ditulis.

Sementara itu, masyarakat di sekitar Gunung Dukono maupun pengunjung dan wisatawan diimbau untuk tidak melakukan aktivitas, mendaki atau mendekati Kawah Malupang Warirang dalam jarak 2 km.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


Sarjan mengatakan, mengingat letusan abu vulkanik terjadi secara berkala dan sebaran abunya mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga wilayah jatuhnya abu tidak tetap.

Oleh karena itu, disarankan agar masyarakat di sekitar Gunung Dukono selalu menyediakan masker penutup hidung dan mulut untuk digunakan bila diperlukan untuk menghindari ancaman abu vulkanik terhadap sistem pernafasan, ”ujarnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *