Ganjar punya strategi khusus untuk menggerakkan UMKM di era digital: National Okezone

JAKARTA – Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo juga menyinggung strategi agar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tetap berkembang di tengah gencarnya penjualan online dan penjualan barang impor.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menjawab pertanyaan mengenai strategi UMKM di tengah persaingan online dan barang impor usai menghadiri International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Sabtu (10/07/2023).

“Ya, sebenarnya kami juga menampilkannya secara online. Untuk memudahkan mereka memasuki pasar dunia. “Peran pemerintah sangat penting,” kata Ganjar.

Ganjar menekankan pentingnya melindungi UMKM Indonesia agar tetap kompetitif dengan menjual barang secara online atau mengimpor dari luar negeri.

Langkah tersebut, kata Ganjar, adalah dengan menciptakan hak kekayaan intelektual (HAKI) agar produk UMKM bisa masuk ke pasar global dan tidak tergerus perubahan teknologi.

“Kita dukung, kita lindungi, lalu kita juga lindungi hak kekayaan intelektualnya agar bisa dijual, dan kalau global kita harus masuk ke pasar dunia, jangan hanya bertahan menjadi pemain lokal. Kami menyerang,” kata Ganjar.

Ia pun mencontohkan kesalahan langkah yang dilakukannya saat menjabat Gubernur Jawa Tengah, yakni mengirim produk UMKM asal Indonesia ke luar negeri.


Ikuti berita Okezone berita Google


“Kami mengirimkannya ke Prancis dua kali. Lanjutkan sekali ke Osaka. Mari kita perkenalkan diri kita. Kami menyerang mereka dengan produk kami. Mereka sangat menyukainya sehingga kita harus berani bersaing untuk mendapatkannya. “Kami memberikan fasilitasi dan perlindungan,” ujarnya.

Selain itu, ia mengaku senang karena kualitas UMKM asal Indonesia yang tampil di pameran Inacraft semakin meningkat setiap tahunnya.

“Makanya saya senang sekali melihat UMKM yang berbeda-beda dan karya-karyanya, sepertinya semuanya sudah terkurasi,” ujarnya.

“Sesekali selalu muncul sesuatu yang luar biasa karena memunculkan desain-desain baru, kemudian bentuk-bentuk baru, inovasi-inovasi seperti yang ada di baliknya,” imbuhnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *