Dunia Makin Tak Jelas, Tapi Ekonomi Indonesia Masih Tumbuh 4,9%, Bagaimana Bisa? : Okezone Ekonomi

JAKARTA – Kantor Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa di tengah ketidakpastian global dan meluasnya dampak El Nino, perekonomian Indonesia menunjukkan ketahanan dengan pertumbuhan sebesar 4,94% pada triwulan III tahun 2023 secara tahunan atau year-on-year (YoY).

Dari sisi output, pertumbuhan ekonomi triwulan III 2023 terutama berasal dari industri pengolahan, pengangkutan, pergudangan, serta konstruksi, kata Plt Kepala BPS Amalia Adinggar Widyasanti dalam keterangan BPS, Senin (6/11/2023). ).

Fokusnya adalah pada industri manufaktur dengan pertumbuhan sebesar 5,20%, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III tahun 2023 terutama bersumber dari konsumsi rumah tangga, pembentukan modal tetap bruto (PMTB).

“Pertumbuhan PMTB sebesar 5,77%, naik dari 4,98% pada triwulan III tahun 2022,” kata Amalia.

Ikuti berita Okezone berita Google


Kemudian secara spasial, pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi di wilayah kepulauan Sulawesi yaitu di wilayah Maluku masing-masing sebesar 6,44% dan 9,25%. Pertumbuhan ekonomi Sulawesi berasal dari sektor manufaktur, pertambangan, dan perdagangan.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi Maluku dan Papua berasal dari pertambangan dan penggalian, manufaktur, dan perdagangan, tutupnya.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *