Disambut Perdana Menteri Fumio Kishida di Tokyo, Ketua DPR Minta Jepang Berinvestasi di Proyek IKN: National Okezone

JAKARTA – ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dalam pertemuan bilateral, Selasa (10/10/2023). Dalam pertemuan tersebut, Puan menyampaikan kerja sama Indonesia-Jepang dapat menjadi motor penggerak kemajuan ekonomi di Asia.




“Kedua negara kita telah bersahabat erat selama lebih dari enam dekade, dengan kerja sama yang erat di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga pertukaran budaya,” kata Puan dalam keterangannya, Selasa (10/10/2023).

Puan merinci berbagai perbaikan kerja sama ekonomi yang bisa dilakukan Indonesia dan Jepang. Menurutnya, Jepang bisa berinvestasi dalam pembangunan Ibukota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan, khususnya berdasarkan Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN yang baru saja disahkan DĽR, investor diberikan Hak Guna Usaha (HGU) hingga 190 tahun.

Tak hanya itu, Puan juga mendukung komitmen perusahaan mobil Jepang untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat manufaktur khususnya kendaraan listrik. Saat ini, pemerintah Indonesia sedang meningkatkan penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi pemanasan global.

“Tentunya kita berharap Jepang bisa menjadi teman yang juga berinvestasi di Indonesia di berbagai sektor. Misalnya saja di bidang otomotif, serta pengembangan IKN Indonesia yang sudah berjalan,” kata Puan.

“Berbagai infrastruktur telah dibangun yang memungkinkan Indonesia menjadi pusat manufaktur strategis di Asia,” jelas presiden perempuan pertama Republik Indonesia ini.

Ikuti berita Okezone berita Google


Selain itu, Puan mendorong Jepang untuk lebih banyak menerima pekerja migran Indonesia (PMI). Ia mengatakan kehadiran PMI dapat memberikan manfaat bagi kedua negara.

Menurut data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), jumlah PMI di Jepang akan mencapai 70.301 orang pada tahun 2023. Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni sebanyak 36.000 orang pada tahun 2022.

BACA JUGA:

“Indonesia juga percaya bahwa pekerja migran Indonesia (PMI) dan peserta pelatihan Indonesia di Jepang dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Jepang dengan diberikan lebih banyak kesempatan,” kata Puan.

BACA JUGA:

Dengan banyaknya kunjungan masyarakat kedua negara, Puan berharap Indonesia dan Jepang terus berupaya membina persahabatan. Menurutnya, peran parlemen kedua negara sangat diperlukan untuk mendukung hal tersebut.

“Didukung oleh hubungan parlemen yang kuat dan bersahabat ke depan, kita tentunya ingin persahabatan Indonesia dan Jepang semakin erat dan terus saling menguntungkan bagi masyarakat kedua negara,” kata Puan.

Sekadar informasi, Puan dan rombongan menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang di kantornya di Tokyo pada Selasa (10/10/2023) sore waktu setempat. Pertemuan bilateral ini digelar dalam rangka kunjungan kerja Puan selama beberapa hari ke Jepang.

Saat bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida, Puan didampingi Wakil Ketua Komisi IX. DPR RI Charles Honoris, Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Sekjen DPR RI Indra Iskandar.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida didampingi Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Moriya Hiroshi, Wakil Menteri Luar Negeri Funakoshi Takehiro, dan Wakil Direktur Jenderal Biro Urusan Asia dan Kelautan Hayashi Makoto.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *