Daftar 4 klasifikasi jalan dan fungsinya : Okezone ekonomi

JAKARTA – Jalan merupakan tempat pergerakan orang, kendaraan, dan lain-lain.

Namun sebenarnya ada beberapa klasifikasi jalan.

BACA JUGA:

Jalan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Selain menciptakan lingkungan jalan yang aman dan layak bagi masyarakat, fungsi jalan juga harus diperhatikan

Klasifikasi jalan umum diatur berdasarkan Undang-Undang No. 2 Pasal 8 Tahun 2022, terdapat 4 pembagian jenis jalan umum berdasarkan fungsinya.

BACA JUGA:

Demikian pesan dari postingan akun resmi @pupr_binamarga pada Kamis (19 Oktober 2023). Berikut klasifikasi jalan menurut fungsinya:

1. Arteri lalu lintas

Jalur ini meliputi arteri primer (skala nasional) dan arteri sekunder (skala kota). Jalur ini diperuntukkan bagi angkutan utama jarak jauh, yaitu angkutan dengan nilai ekonomi tinggi dan volume besar.

2. Jalan Zberatelsk√°

Jalur ini meliputi pengumpul primer (skala regional) dan pengumpul sekunder (skala kota). Jalur ini diperuntukkan bagi angkutan pengumpul/distributor jarak menengah, yaitu angkutan perantara yang mengumpulkan angkutan lokal untuk diserahkan kepada angkutan utama dan sebaliknya.

Ikuti berita Okezone berita Google


3. Komunikasi lokal

Komunikasi tersebut meliputi komunikasi lokal primer dan sekunder. Jalan ini diperuntukkan bagi angkutan lokal yang melayani masyarakat lokal dalam jarak pendek.

BACA JUGA:

4. Jalan lingkungan

Jalan-jalan ini mencakup jalan lingkungan primer (batas kota dan kabupaten) dan jalan lingkungan sekunder (perumahan, komersial, wisata, dll.) untuk jarak pendek.

Quoted From Many Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *